Wednesday, October 29, 2014

Grebekan Endog Abang

Jajanan unik yang selalu saya cari tiap kali kraton Jogjakarta menggelar upacara grebekan adalah Endog Abang.


Dulu 30 tahun lalu, ketika kanak-kanak, endog abang akan selalu dibelikan simbah tiap kali nonton grebek dan sekaten selain nasi gurih dan kapal otok2.. :D
Senang luar biasa ketika pulang dari sekaten menggenggam dua batang endong abang sembari duduk didalam becak bersama simbah disamping saya. Teman-teman sepermainan saya akan berlari-lari mengikuti becak yg saya tumpangi menyusuri jalanan kampung menuju rumah sambil teriak-teriak bertanya.. “seko sekaten yoo..??”.
Saya akan tersenyum senang sambil memamerkan kapal otok2 yang akan segera dihidupkan mbak kakung didalam baskom dan juga endog abang yang saya tenteng.




Endog Abang adalah salah satu jajanan yang banyak terdapat di Pasar Malam Sekaten dan selalu ada dari tahun ke tahun. Endog Abang (telur merah) adalah telur ayam biasa yang sudah direbus dan kulitnya dicat warna merah. Telur merah ini kemudian di tusuk dengan sehelai ruas bambu dan dihias agar terlihat cantik.


Penjual Endog Abang dengan mudah di jumpai di arena Pasar Malam Sekaten. Rata-rata  penjualnya perempuan yang sudah berusia setengah baya, bahkan berusia lanjut. Ya, Endog Abang memang hanya dijual di arena Sekaten, dan acara-acara Grebeg Keraton Yogyakarta.


Endog Abang melambangkan tiga hal. Pertama endog atau telur melambangkan kelahiran dan abang atau merah bermakna kesejahteraan. Sedangkan helai ruas bambu panjang  adalah hubungan vertikal dengan Sang Pencipta. Sehingga secara kesatuan Endog Abang dapat dimaknai sebagai simbol kelahiran kembali untuk masa depan yang lebih baik, lebih sejahtera dengan tetap berpedoman kepada garis yang ditentukan oleh Allah.
Makna filosofis inilah yang coba di tawarkan  oleh ibu-ibu penjualnya, dan bukan sekedar produk telur rebus secara fisik.



Beli Endog Abang kalo pas ke Sekaten selain sebagai spirit untuk masa depan yang lebih baik, membeli Endog Abang berarti  juga ikut memelihara tradisi khas kazanah Jawa yang unik dan luhur.