Friday, May 3, 2013

Learn to Speak


Baca tweet Galo perihal tugas sekolahnya buat practice speaking english,  'hunting bule'.
Wah bagus tuch..selain belajar bicara dengan orang-orang asli pengguna bahasa tsb, rasa percaya diri mereka ikut meningkat, sebab tidak dipungkiri bicara langsung dengan orang asing dgn bahasa mereka tentu tidak mudah, apalagi utk anak2 junior high school.

'Mom, Galo ke Malioboro Mall bareng teman-teman sekelompok ya, ngerjain tugas bahasa inggris..' Pamit Galo
Saya mengiyakan dan berpesan agar hati-hati dijalan.
'Give me some money mom...'
Saya tertawa dan memberi uang ke Galo untuk sangu.
'Thank you mommy...' Senyum gadis mbarepku mengembang.


Belajar bahasa adalah seperti belajar naik sepeda atau belajar menyetir mobil, tidak bisa hanya membaca dan memahami ”buku manual” saja, tetapi harus mencoba menggunakannya.
Pada tahap pembelajaran (tahap percobaan), sangat wajar jika melakukan kesalahan. Menyapa orang asing tentu butuh keberanian dan menjelaskan kepada mereka tujuan mengajak bicara. Tentu awal-awalnya sedikit kagok, tapi setelah 1-2 warga asing bisa mereka ajak bicara, selanjutnya mereka dengan lancar berkenalan dan menyelesaikan tugas sekolah mewawancarai turis asing yang mereka temui di mall. Mulai bertanya ttg nama, asal negara, agenda di Jogja dan komentar mereka tentang tugas sekolah yg sdg dikerjakan.

Ketika pulang dari Mall dengan ceria seperti itulah Galo menceritakan pengalamannya bertemu dan bicara dgn bule2 kenalan barunya. Dan tak lupa menunjukan foto2 mereka.
'Bisa ngomong dengan mereka kak?' Saya antusian mendengar ceritanya
'Bisa donk, awalnya ya kagok tapi lama2 lancar. Mereka baik-baik, dan banyak membantu kelancaran tugasku. Dan cakep-cakep lagi bulenya...' Tawa Galo berderai

Hhmmm metode belajar yang efektif, Listening – Speaking – Reading – Writing from native speaker :)...  speak real English.
Mrs Pitra, guru bahasa inggris Galo tak lupa memantau kegiatan anak-anak didiknya lewat tweeter.



Alhamdullilah sukses tugas mereka miss…J