Wednesday, December 7, 2011

Donat Bolong


Ngemil donat..plus secangkir hot capuccino ditengah hujan deras…? wuiihhh mantapss…. Asal tetep membatasi jumlahnya lhoh… bagaimanapun juga donat termasuk dalam ‘makanan jahat’ bayangkan saja satu potong donat bertabur gula halus mengandung 10 - 20 gram lemak trans, dan 250 hingga 300 kalori kosong , yaitu kalori negatif yang bisa menjadi pencetus obesitas.
Tapi gak bakal merasa bersalah kok kalau ½ dozen donut J.Co dihabisin bertiga.. J hehehehe… mom, Gallo dan Nadjwa.

Seneng liat anak-anak berebut memilih donat. “ aku mau yang bolong..” teriak Nadjwa.
“ aku juga, wah bukan donat namanya kalau nggak bolong.” celetuk Gallo.
“ dulunya donat emang gak bolong lho dik, trus jadi berlubang ada ceritanya…” ucap mom sambil menggigit donat toping strawberry yang nggak bolong.
Nadjwa mendelikkan bola matanya dengan mulut penuh mengunyah donat bertabur almond kesukaannya.
“ ceritanya gimana…?” tanya Nadjwa
“ pada jaman dahulu kala….” Gallo cepat menyahut suara adiknya. Mom terkekeh setelah menyeruput kopi .

“ katanya nich… donat jadi bolong ceritanya dah lebih dari seabad lalu, bermula pada abad ke 19 ketika ada seorang kapten kapal yang bernama Hanson Gregory. Suatu hari, ketika kapalnya berlayar, ia duduk di atas dek kapal sambil menikmati kue bulat. Tapi di saat sedang asyik-asyiknya menikmati kuenya, tiba-tiba ada ombak yang cukup besar yang menghantam kapalnya. Sebagai kapten, ia pun harus mengendalikan kapalnya agar tetap stabil terkena ombak. Sang kapten membutuhkan kedua tangannya untuk mengendalikan kemudi kapal, tapi tangannya juga sedang memegang kue, nah saking enaknya tu kue ia tak mau membuangnya dan spontan menancapkan kue itu di salah satu pegangan kemudi. Nah setelah badai usai dan kapal stabil, tu kapten yang kelaperan nyari kuenya lagi dan sebelum dimakannya dengan lahap timbul idenya untuk bentuk baru kue yang tidak bulat dan merubahnya menjadi kue yang berlubang tengahnya. Nah gitu ceritanya, kisah ini  yang kemudian menjadi awal cikal-bakal pembuatan kue yang berlubang di tengahnya yang kelak diberi nama Donat…” mom mengakhiri cerita sambil melahap donat keduanya.
“ halaaahhh bohong…, yang bener tuuu dilubangi tengahnya biar cepet mateng…” timpal Gallo.
“ nah betul itu, itu cerita versi lain, jaman dahulu kala ada seorang anak bernama Hanson Gregory. Ia menemani ibunya menggoreng adonan kue berbentuk bulat. Saat itu, ia bertanya kepada ibunya " Bu, kenapa matangnya lama sekali?". Dan ibunya pun menjawab "soalnya bagian tengahnya susah matang, butuh waktu lama". Gregory kecilpun kemudian membuang setiap bagian tengah dari kue yang belum digoreng dan berkata kepada ibunya "bu, gorenglah kue yang sudah kulubangi ini, pasti matangnya cepat". Ibunya pun menggoreng kue yang sudah berlubang ditengahnya itu, sejak itulah kemudian muncul ide untuk membuat kue yang berlubang tengahnya alias Donat. “ gitu ceritanya kak… “ mom mengakhiri ceritanya.
Nah dari 2 versi itu cerita penemu dan pencetus lubang donat tak lain adalah seorang yang bernama hanson Gregory, tapi walaupun begitu, Yang berhak menerima paten atas lubang donat ini adalah seseorang yang bernama John Blondell, karna ialah yang pertama kali mempatenkan proses pembuatan kue berlubang itu pada tahun 1872.
Hehehehe…. donat bolong aja bersejarah.. J