Thursday, March 5, 2015

Food Diary Jogja

Akhir minggu… Sebulan ini menjadi akhir minggu yang menyenangkan buat anak-anak. Beberapa minggu ini saya menuruti keinginan anak-anak untuk berakhir minggu bertiga, mereka ingin refreshing dari kesibukan setelah seminggu sekolah. Terutama Nadjwa, sebagai murid kelas VI hari-harinya sangat disibukan dengan drilling dan ujian try out menjelang ujian nasional yang akan diikutinya bulan Mei nanti.

“ mom… jalan-jalan ya… kepalaku dah puyeng kebanyakan belajar… pengen refreshing ngilangin capek”  pinta Nadjwa hari kamis malam. 

Saya tersenyum dan mengelus rambutnya yang panjang terurai.

“ mau jalan-jalan kemana..?” tanya saya.

“ ke Singapore… “ seru Galo sambil meringis

Saya tertawa

“gak ding…. ke mall aja… makan atau nonton film…” Galo menjawab cepat sebelum adiknya bicara. Dan mulut Nadjwa yang terlanjur terbuka .. tetap menganga sambil melirik kakaknya yang tengah memainkan gitar kesayangannya.

“ koyo dumang Nadj….” Ucap Gallo sembari melet-melet. Nadjwa langsung menambahi dengan goyang duyung mangapnya yang luwes..

Saya terkekeh melihat keduanya.

Melihat kesibukan Nadjwa sekolah, sebagai seorang ibu pastilah saya ikut merasakan betapa penatnya dia setiap hari berkutat dengan latihan soal yang tiada henti-hentinya. Saya gak ingin Nadjwa stress dan bahkan sakit karena aktifitas otak dan fisiknya yang terus terforsir. Seorang peneliti dari University of Pittsburgh, Poldrack, menuturkan ketika seseorang lelah, maka korteks prefrontal akan kewalahan akibat banyaknya hormon stres dan membuat seseorang kehilangan fokus atau konsentrasi. Duuhh kasihan juga kalau adik malahan hilang konsentrasi untuk minggu-minggu berikutnya hanya karena kelelahan.

Refreshing atau melakukan kegiatan yang menyenangkan untuk mengalihkan fokus pada obyek rumit yang sedang dihadapi  bagi anak-anak cukup penting demi pertumbuhan mereka. Refreshing tak harus mahal , saya pun tidak menganggarkan banyak uang untuk memenuhi kebutuhan anak-anak akan refreshing. Makan siang, baca buku/komik  atau nonton film sudah sangat cukup buat anak-anak dan hal itupun sesuai dengan keinginan mereka.

Sebenarnya.. sesibuk apapun kita hendaknya memberikan porsi bagi kehidupan kita untuk rehat dan istirahat. Agendakanlah,  apakah itu dalam waktu sekali sebulan, dua kali sebulan atau tiga kali sebulan. Asalkan jangan terlalu sering yang membuat efek manja pada tubuh.

Katanya nih.. sebagai seorang perempuan, makhluk yang mudah terpancing emosinya refreshing sangat lebih dibutuhkan. Perempuan cenderung tak bisa menyimpan berlama-lama segala ganjalan hatinya. Itulah sebabnya kaum wanita lebih cepat stres dibandingkan laki-laki. Maka refreshing sangat baik untuk menetralisir emosi-emosi negatif dalam jiwa…. Hehehehehe…

Idealnya nich.. buat refreshing saya mengajak anak-anak berlibur.. entah didalam kota atau keluar kota. Tapi kami bertiga sudah sepakat kalau kegiatan menyenangkan bisa diisi dengan hal lain yang bervariasi. Misalnya pergi ke toko buku untuk numpang membaca komik, berenang ke sport center dan kemudian wisata kuliner. Banyaknya tempat makan yang cozy di Jogjakarta cukup membuat tubuh yang lelah bisa kembali sehat.

Berikut beberapa tempat untuk bersantap yang cukup menarik di Jogjakarta yang kami datangi diakhir pekan :

Fish & Co









Fish & Co, salah satu pionir western seafood dengan penyajian seafood in a pan . Restoran asal Singapura ini membuka outlet ke-17 di Plaza Ambarrukmo Yogyakarta.
Lucu dan unik juga melihat makanan laut yang dimasak di atas penggorengan atau pan dan langsung di sajikan hangat dengan pannya.
Ternyata penyajian yang unik ini berawal dari perjalanan Ricky Chew, founder Fish & Co ke Afrika. Dalam perjalanan tersebut dia melihat tradisi para nelayan Afrika dalam menyajikan makanan laut dengan menggunakan pan.

Surlie Bake House dan Resto








Salah satu tempat yang cukup mencuri perhatian dari perkembangan industri kuliner ini adalah Surlie Bake House and Resto. Lokasinya yang berada di deretan Ruko Rafflesia Babarsari dan dengan papan nama yang mencolok membuat siapapun yang melintas di kawasan ini pasti berhasil tercuri perhatiannya, tak terkecuali Galo, tertarik karena Lava Cake nya yang maknyus… J

Minke Café




Cari dessert ala Asia, maka tempat kuliner Jogja yang satu ini patut dikunjungi.
Dessert yang mengedepankan kacang merah. Menu andalan adalah Ogura Patbingsu , terdiri dari es krim kacang merah, marshmallow, jelly, potongan buah, dan disajikan dengan santan. Rasanya menyegarkan.. enak dan cukup memikat.

Wafellicious Demangan





Waffelicious di Jogja ada di daerah Demangan, bersebelahan dengan Zango. Tempat makan satu ini menawarkan kudapan Hongkong style waffle yang dipadukan dengan bermacam-macam topping dan juga es krim. Untuk harga kisaran IDR 20k - 25k. Bisa juga untuk take away, harganya beda lagi yaitu IDR 15k dan untuk toppingnya start from IDR 3k.

Bowl Ling Fruit Bar








Bowl-Ling Fruit Bar adalah kedai mungil dengan suasana eye-catching dan natural dikarena hamparan karpet rumput dan ornament kayunya menimbulkan suasana yang mengesankan. Konsep kedai Lingling di Jogja ini adalah fresh and green. Tujuannya untuk memfasilitasi orang-orang yang ingin mencari kesegaran tidak hanya dengan minuman tapi juga dengan atmosfirnya.


“ Hhhhmmmm minggu depan kemana lagi yaa…” ucap Galo sembari membuka-buka akun instragramnya untuk melihat-lihat rekomendasi tempat hangout di Jogjakarta.

Hehehehehe…. *tepuk-tepuk dompet.