Sunday, February 28, 2016

Kolaborasi kami

' Mommy.... bantuin... ngerjain PR..' Nadjwa (13th ), keluar dari kamarnya dengan tangan menjinjing buku buku berikut alat tulis.

' PR apa? ' saya meletakan Hp yang sedari tadi riuh dgn nada chat masuk. Mode silent saya nyalakan.

' Math... operasi hitung bentuk aljabar '

Saya garuk garuk kepala yang tiba tiba gatal.

' Susah gak Nadj...?' saya terkekeh. ' Kira kira mommy bisa gak yaa...'

' Bisalah... PR bab sebelumnya yang diajari mommy bener kok..' Nadjwa menenangkan saya.

Saya tertawa dan terbatuk batuk.

' Bweeeee sombongggg.... baru bener satu bab.....' sahut Galo (17th) yg tengah sibuk mengerjakan tugas presentasi biologi di samping saya.

' Heleh.... lha mbok kamu yg ngajari adikmu Gal.. khan ya paham pelajaran SMP.too.' balas saya.

' pas pelajaran Aljabar aku tidur e mom...' jawab Galo sambil tertawa.

Aaahhhgggrrrr... emang minta ditimpuk nih anak. Kebanyakan alesan.

Saya lantas meminta buku paket math Nadjwa dan mulai membaca dan belajar dulu sebelum bareng Nadjwa mengerjakan PR.

Sejak menjadi siswa SMP dan belajar di salah satu sekolah favorite di Kabupaten Sleman, tugas dan PR Nadjwa lumayan banyak tiap harinya.

Beberapa kali, awalnya saya memang mengalami kesulitan membantu belajar karena terbatasnya pengetahuan saya. Rencananya saya ingin mencarikan guru les pelajaran buat Nadjwa , tapi ketika saya dan Nadjwa belajar bersama dan berhasil mengerjakan PR rasanya sungguh senang dan puas. Tertundalah tujuan untuk mencari guru les. Otak kembali bekerja mengingat ilmu jaman sekolah dulu. Nadjwa juga senang belajar dengan mommynya ( yalah... emang mau belajar dengan siapa lagi... wekekekkk), katanya PRnya sudah benar ketika dikoreksi. Alhamdullilah lolos uji...hahahaha

Jujur... tugas mendampingi belajar anak anak sebenarnya ingin saya pasrahkan ke papi nya...scara dia yg lebih cerdas dari saya . Sayangnya papi anak anak tidak pernah lagi datang membimbing belajar sejak kami berpisah. So otomatis menemani belajar menjadi kewajiban saya. Padahal anak anak sangat suka belajar dibimbing papinya. Tapi ya sudahlah, saya berusaha semaksimal mungkin menjalankan fungsi sebagai ibu dan ayah bagi Galo dan Nadjwa.

Bukan hal mudah untuk saya dalam menjalani peran ini. Sebagai single mom saya harus bekerja mencari nafkah, mendidik anak, mengikuti perkembangannya dan mendampinginya tumbuh dengan harapan mereka bisa menjadi individu yang lebih baik.

' Welah malah ngalamun...' Galo menggoyang goyangkan buku pelajaran yg tengah saya baca...ehh saya pandangi.

Saya terkekeh

' Dah Nadj... mommy paham....ayo kita kerjakan... ! ada berapa soal PRnya..?'

Nadjwa beringsut duduk kesamping saya.

'20..' jawabnya sambil meringis

Hahajahaha.... mampuslah saja....

Tapi saya tidak khawatir... sebenarnya Nadjwa sudah paham dan bisa mengerjakan sendiri PRnya.. kecerdasannya sudah terbukti dengan predikat rangking 2 dikelas... anak bungsu hanya butuh ditemani belajar...hehehehehe

Proses belajar anak memang tidak bisa ditawar adalah menjadi kewajiban orang tua untuk membimbing. Boleh mengarahkan tapi tdk memaksa.
Biarlah anak belajar berkreasi dan bereksplorasi.

Seperti saat saya jemput dari sekolah bbrp hari lalu she told klu ada tugas pelajaran bahasa inggris yg ribet.
'Disuruh presentasiin cara memasak makanan.. bawa bahan bahan mentahnya dan yg sudah matang.. murid presentasi hasil masakan orangtuanya..'

wolalalaaa..

'Mommy khan pinter. masak.., bikin apa ya mom..? tanya Nadjwa.

Heheheheh... again... mom duty on call

Setelah mencari referensi dan sedikit masukan dari saya , Nadjwa mendapatkan ide membuat masakan italy..

She wrote recipe , all ingredient and how to cooked the signature dish.

Sayapun segera mengajak Nadjwa belanja Setelah bahan yang diperlukan dicatat lengkap

Masakannya gak boleh biasa biasa saja
agar nilai presentasinya memuaskan sebab her teacher said klu masakannya gampang nilainya hanya 7.


Dan betapa bahagianya saya ketika dengan bangga Nadjwa menceritakan hasil presentasinya.. panne citti carbonara the amazing dishes by nadjwa mendapat nilai tertinggi... score 85.... bahkan sang guru menepuk pundaknya dan berkata... besok sekolah di SMA 1 kodya ya nduk..
Saya terharu mendengarnya. Semoga Engkau kabulkan ya Allah.

Sejak semalam saya tahu Nadjwa akan mendapat nilai bagus karena saya sudah melihat caranya presentasi dalam bahasa inggris. Pengucapan Nadjwa cukup fasih
dan persiapannya matang. Saya memberinya ide untuk mengemas raw ingredient satu persatu dalam cup alumunium foil dan diwrapping . Hasilnya bersih, higenis dan menarik.

Paginya saya membuatkan masakan yg berbahan pasta tersebut sebagai bekal sekalian utk main dishes presentasinya.
Great kolaborasi murid dan orangtua. Makin kreatif saja cara pembelajaran disekolah yaa..hehehe

' kata mrs. Wulan masakan mommy enak..' ungkap Nadjwa.

Hahahaha....saya tertawa senang... dobel senang..