Thursday, August 7, 2008

Ke Pantai Depok


pasar ikan


Jalan-jalan ke Pantai Depok dan menikmati sea food segar…. Hmmmm uenaknya…!
Berangkat berdelapan setelah sholat dhuhur, mommy dan beberapa sahabat kantornya rame-rame menuju pantai yang berjarak 1,5 km dari pantai Parangtritis itu.
Pantai Depok menyuguhkan keindahan pemandangan laut selatan sembari menikmati aneka masakan laut dan meneguk es kelapa muda utuh yang menyegarkan.

Bagi mommy-mommy yang senang belanja dan menawar harga bisa membeli aneka macam ikan, kepiting, udang atau cumi di los-los penjualan ikan. Berbagai jenis ikan tersedia seperti Cakalang, Kakap merah, kakap putih, bawal, layur, juga tersedia kepiting, udang dan cumi-cumi.

Setiba di pantai , tante Iin, tante Susi, tante Nunung, tante Erni dan Budhe Umi segera memilih beberapa kilo aneka ikan dan udang. Tak berapa lama mbak Darti yang sudah terkenal dengan masakannya yang enak segera menawarkan jasa untuk memasak aneka ikan dan udang yang kami beli.


mr crab



pilih cumi atau udang ?


Hidangan sea food kami minta untuk dimasak bakar, goreng dan asam manis.
Mbak Darti sudah paham jenis-jenis mana yang enak dimasak sesuai pesanan kami.
Hmmmm.. tinggal menunggu kurang lebih 30 menit semua masakan yang kami pesan akan segera tersedia lengkap dengan sambal bawang super pedas, sambal kecap, nasi putih, lalapan dan minuman es kelapa muda.

Sambil menunggu masakan siap santap, kami jalan-jalan menuju sebuah kapal yang sedang merapat ke darat. Teriakan nelayan menawarkan ikan segar hasil tangkapan menggema. Beberapa wisatawan datang merubung dan membeli ikan yang masih tersangkut jaring dan dilepas satu per satu oleh para nelayan.
Tertarik dengan tawaran harga yang menggiurkan mommy-mommy juga membeli beberapa kantung ikan. Tidak ditimbang, memilih ikan sesuai keinginan dan akan dihargai oleh si nelayan. Sekantung ikan layur dan kakap berisi 8-10 buah dihargai Rp. 10.000.


kapal bawa ikan


Selain menikmati pemandangan pantai, hilir mudik nelayan yang datang dari laut, pantai selatan juga menyuguhkan pemandangan alam yang langka dan menakjubkan, yaitu gumuk pasir.
Gumuk pasir yang ada di pantai ini adalah satu-satunya di kawasan Asia Tenggara dan merupakan suatu fenomena yang jarang dijumpai di wilayah tropis. Menikmati hamparan pasir luas, bagai di sebuah gurun.

Melanjutkan perjalanan ke arah warung mbak Darti, kami disambut dengan aneka masakan yang sudah siap disantap. Cakalang bakar kecap, Udang goreng tepung, cumi asam pedas, kakap goreng dan bakar, lalapan dan sambal aneka jenis.
Tak menunggu komanda, kami semua segera melahap makan siang yang sudah agak telat waktunya


mbak darti yang mana ya ?



capek... adu punggung


Hmmmm sedap… makan siang di pinggir pantai sambil memandang keindahan laut dan mendengar deburan ombak… Terima kasih atas kebesaran ciptaan dan karuniaMu kepada umat manusia ya Allah..