Saturday, August 11, 2012

Nginem asyik


sampai besok pagi ya deq…selamat mengikuti pesantren kilat yaa..’ saya kecup kedua pipi Nadjwa sebelum adeq melangkah menuju hall sekolahnya dengan membawa backpack dan tas jinjing berisi perlengkapan menginap semalam di sekolah.
Nadjwa mengangguk dan mencium tangan saya.
‘dadaqqq mommy…’ Nadjwa bermelambaikan tangan sambil tersenyum manis.
Saya balas lambaian jemari-jemari mungilnya dan mengiringi si bungsu hingga menghilang ke dalam hall, beberapa temannya yang lebih dulu datang mengikuti langkah Nadjwa sambil bercanda.

Pagi ini hingga besok Nadjwa mengikuti kegiatan pesantren kilat disekolahnya. Sehari sebelumnya, kakak Gallo yang lebih dulu mengawali kegiatan yang sama disekolahnya.
Duuhhh… sepinya dirumah sendirian, ditambah hari ini, hari sabtu adalah hari pertama saya libur kantor hingga 2 minggu mendatang. Sementara anak-anak baru efektif libur hari senin yang akan datang.

Sendirian memberi saya banyak waktu untuk lebih memperhatikan rumah. Maka begitu sampai rumah setelah mengantar Nadjwa saya segera menyambar slang air dan menyiram tanaman dan halaman.
Musim kemarau yang panjang membuat tanaman dan tanah kering kerontang. Padahal minimal 2 hari sekali saya menyiram tanaman tapi memang panasnya suhu disiang hari membuat tanaman cepat layu dan halaman sangat berdebu.

Sibuknya saya dan anak-anak disore hari seminggu ini dengan kegiatan kantor, sekolah dan buka puasa bersama membuat rumah dan halaman hanya disapu dan disiram pagi hari sebelum saya berangkat kantor.
Saya sangat menyukai aktifitas menyiram tanaman dan halaman. Rasanya segar ditambah dengan datangnya sang angin yang turut berhembus sejuk menemani. Melihat pohon mangga yang kembang serempak dan mulai menampakkan pentil-pentil buah yang sebagian gugur berserakan dihalaman saking banyaknya buah.
Selain mangga, tak kalah menyenangkan pohon nangka disebelahnya juga berbuah lebat.
Gemericik air, bau tanah basah dan kicau burung dari pucuk pohon mangga sungguh menentramkan batin.

Setelah halaman saya lanjut membersihkan dalam rumah, menyapu lantai, mengepel lantai dan nyambi memutar mesin cuci,nyuci pakaian.
Setelah semua pekerjaan selesai, saatnya menikmati rumah dan halaman yang sudah bersih. Melihat dari jendela, halaman basah dan tanaman yang segar dan bersih oleh guyuran air. Bau wangi pengharum pakaian dan dinginnya lantai rumah setelah di pel adalah detail yang bisa saya perhatikan.
Hhmmm biasanya secangkir kopi susu panas menemani… hehehehe
Berhubung bulan puasa cukuplah saya duduk disofa melepas lelah diiringi senandung musik dari CD player yang saya putar.
Indahnya nginem di awal libur bulan Ramadhan..