Wednesday, December 30, 2015

Love in Box

Rutinitas baru saya acap selesai sholat subuh adalah prepare lunch box buat Galo dan Nadjwa. Sudah beberapa bulan ini saya selalu menyiapkan bekal makan di sekolah untuk mereka.

Awalnya Galo yang keseringan berangkat siang selalu minta sarapannya dibawain saja.
“ makan disekolah saja mom.. gak keburu nih…”
Sayapun menata nasi sayur dan lauk di kotak makan sambil menemani Nadjwa sarapan.
“gak keburu gimana… masih jam segini..” sahut saya sambil nunjuk jam dinding
Galo meringis
“ banyakin nasinya ya mom .. kalau kalau ada temenku yg minta… lauknya juga…”
 “bilang aja mau makan bareng Samid..” celetuk Nadjwa sambil melahap sepotong pepaya.

Galo tertawa ngakak.

Saya terkekeh.

Samid teman sekelas Galo, dari ceritanya Samid anaknya lucu dan sangat lugu. Satu ketika dengan menahan tawa Galo cerita kalau Samid datang menemuinya dengan mengendap endap dan tolah toleh khawatir ada orang lain disekitar mereka. Trus dengan lugunya dia bertanya lirih “ Gal, beli Baby Carrot tuh dimana to..?”
“ yaaa di supermarketlah…” jawab Galo makin kencang menahan tawa.
“ aku tadi lihat di tivi, jadi pingin banget makan baby carrot Gal… tapi nggak tahu belinya dimana..” ucap Samid makin lirih.
“ makan carrot dewasa saja … sama saja…” Galo terkikik
“ ya bedalah Gal..  kalau ke supermarket beliin ya Gal..” ucap Samid dengan aksen medoknya.
“ndi duite…” Galo menengadahkan telapak tangannya
Samid merogoh saku celana dan menyerahkan uang sepuluh ribu
“ rak cukup Mid…”
Samid melotot
“ sepuluh ribu gak cukup Gal ? mahal to Gal? wooo… nek wortel biasa entuk akeh kuwi Gal..”
Samid manyun sambil ngeloyor pergi.
Galo menahan tawa mengantongi uang sepuluh ribu
Lain lagi dgn Yudo, kata Galo anaknya juga lucu dan pede.
“ Gimana dia gak pede mom.. dia kalau bawa bekal pakai tempat toples kotak untuk camilan itu nasinya banyak sampai hampir penuh trus atasnya ditutup selembar telur dadar… , pede khan mom… trus dia cuek gitu makan didepanku.. tapi kadang ikutan nyomot laukku… apaa cobaaa…” ucap Galo dengan mimik lucu.

Saya mengulum senyum… seru mendengar Galo cerita.. teman-temannya Galo memang baik baik dan lucu. Alhamdullilah Galo menikmati masa masa sekolah SMAnya.

Menyaksikan antusiasnya anak-anak membawa bekal membuat saya semangat menyiapkan bekal mereka tiap pagi.

Malam sebelum berangkat tidur , beberapa bahan makanan yg perlu defrost saya siapkan terlebih dulu, juga sayur sayuran dan bumbu .

Selain memasak dan menata bekal anak-anak, saya juga gemar memotret hasil masakan saya dan tentu saja upload foto ke instagram.  Biar kekinian…hehehehe.  Dan komen dari teman-teman saya adalah ‘stop upload makanan enak enak mbaaaakkkkk..’ plus emot emot nangis-nangis .. hahahahaha


Saya jadi senang ke pasar tradisional dan juga supermarket untuk belanja. Satu saat saya tak lupa membelikan Samid sekotak baby carrot dan meminta Galo untuk mengembalikan uangnya.

Galo bilang Samid sangat senang dan langsung melahap banyak wortel… matanya berbinar-binar seperti kelinci.. :D

Kalau Galo bawa bekal untuk sarapan pagi di sekolah, lain hal nya dengan Nadjwa. Adik bawa bekal untuk makan siang. Awalnya Nadjwa tidak mau bawa bekal karena di sekolah barunya ada kantin, jajan rame rame dengan teman-temannya.  Tapi beberapa minggu kemudian Nadjwa malas ke kantin karena sangat ramai pembeli dan menghabiskan waktu istirahatnya untuk antri makanan. Maka si bungsu minta dibawain bekal. 
“ mom… besok boleh minta sandwich buat bekal..” pinta Nadjwa .
“ siap sayang…” jawab saya sambil mencium pipinya gemas.

Sebagai seorang ibu, salah satu bentuk cinta kasih yang tercurahkan adalah memberikan makan kepada anak . Makanan yang enak dan sehat akan membuat tumbuh kembang anak maksimal, baik fisik dan mental saya menyebutnya ‘the power of foods’