Thursday, December 3, 2015

Setelah 6 Tahun

Tiada kata lain selain bersyukur kepada Yang Maha Kuasa atas limpahan rahmatNya ketika hari H pengumuman nilai UN Nadjwa dikeluarkan beberapa bulan lalu.
proud of you Nadjwa..!!
well done Nadjwa !!!

wisuda kelulusan

Kala itu saya diwanti wanti utk tidak usah menunggui di sekolah.. tapi langsung pulang after took her at school.  So I did it.. J ..I knew she was little bit nervouse. Hikss… siapa sih yang gak deg deg an nunggu detik detik pengumuman nilai dan kelulusan setelah berbulan bulan belajar dari pagi hingga malam demi lulus sekolah dan dapat mendaftar di sekolah SMP favourit.
Saya sih tenang tenang saja.. sebab yakin akan kemampuan Nadjwa. Untuk mendapatkan sekolah favourit  di area Sleman sesuai dengan akte kelahirannya, mudah untuknya. Persaingannya hanya saat dia menginginkan bisa sekolah di SMP Negeri favorit di Kotamadya. Dikarenakan jatah kuota dari luar kodya hanya 20% pendaftar.

Tak sampai 60 menit dirumah.. si kecil sudah sms minta dijemput. Hiksss…  cangkir kopi yg sedianya hendak saya seruput urung hinggap dibibir. Sayapun segera bergegas.

Ada pemandangan tak lazim ketika saya memasuki halaman sekolah. Nadjwa yg sudah melihat kedatangan saya tiba tiba balik badan membelakangi mobil yg sudah saya parkir didekatnya.
Saya deg degan

Saya turunkan kaca mobil

“ nadjwa….” Saya panggil tapi Nadjwa bergeming.

Saya  lihat teman-temannya berdiri melinggar berkerubung didekatnya. Berbisik bisik dan kemudian saling pegang tangan. Satu persatu akhirnya bubar.. ekspresi wajah mereka datar.
Haduh… hati saya rasanya rontok.. saya betul-betul tidak bisa mengucapkan kata-kata. Dengan tenang Nadjwa masuk ke dalam mobil. Saya hanya diam. Anak saya tersenyum tipis. Saya haru melihat karena ada bekas tangis dipelupuk mata.

“ gimana hasilnya Nadj…” saya bertanya lirih.

Tanpa banyak kata Nadjwa menyerahkan selembar kertas. Lantas menundukkan wajah.

Pelan saya buka lembar kertas yg merupakan pengumuman kelulusan dan tabel nilai UN, mata saya langsung tertuju pada angka total. Jantung saya tersentak. Sungguh saya kaget dan tidak mengira. Saya menghela nafas.. pelan saya usap kepala Nadjwa.. “ gak apa apa Nadj… nilai segini juga masih bisa sekolah di SMP Negeri.. tapi di Sleman.”
Saya lihat Nadjwa hanya menunduk.

“ sekolah dimana Mom....?” tanya Nadjwa pelan.

“ SMP dekat rumah itu… “

“ Nggak mau…” sahut Nadjwa cepat.

“ Nilaimu nanggung dik… klu enggak ya ke SMP Swasta..” saya melirik angka 26,35 dilembar kertas yg masih saya pegang. Tangan saya basah berkeringat.

Sungguh saya tak habis pikir.. bagaimana mungkin nilai Nadjwa bisa berada di range rata-rata. Kemampuannya diatas nilai itu. Walaupun bila dibagi 3.. nilai Nadjwa masih bagus 8,7 tapi tetap not good enough utk masuk ke SMP Negeri favorite.

Saya jadi termenung.. mengingat kerja keras anak bungsu saya ini.. yang begitu tekun belajar dan berdoa.  Sekolah SD tempat Nadjwa menimba ilmu adalah sekolah favorite dengan sistem pembelajaran yg bagus.. akademis bagus ekstrakurikuler bagus dengan guru guru yg sangat mendukung dan memperhatikan anak anak didiknya. Selama 3 bulan terakhir menjelang ujian nasional anak-anak lebih giat latihan soal dan tambahan jam belajar hingga sore bahkan dihari tertentu masuk pada malam hari.

“ mom….” Panggilan Nadjwa membuyarkan lamunan saya.

“ Hhmmm kita cari sekolah yg dekat rumah ya.. toh pendaftaran belum dibuka.. belum tahu juga sebaran nilai tahun ini seperti apa.. jangan khawatir kita pasti dapat sekolah bagus..” ucap saya.

“ kalau nilainya ini.. aku bisa sekolah dimana mom..?” Saya gugup menerima selembar kertas lagi dari tangan Nadjwa. Buru-buru saya buka . Jerit saya tak tertahan lagi… saya peluk anak saya erat-erat..  Nadjwa tertawa-tawa riang.

“Nadjwaaaaa….!!!! What the hell are you doing..??” saya melotot dengan tatapan bingung tapi dengan hati yg bergemuruh campur aduk antara senang, bingung, shock jadi satu.  Pandangan mata saya berkabut, tapi angka 28,35 tetap bisa saya lihat. Alhamdullilah ya Allah.

“ hahahahahaha…..yessssss….berhasil mengerjain para orang tua…” Nadjwa tertawa senang.

“ jadiiiiiii….. kalian tadi berdiri lama trus pakai pasang wajah wajah tanpa ekspresi tadi emang sdh di skenario..???

Nadjwa menganguk angguk dengan wajar lucu menggemaskan.
Saya peluk Nadjwa dan mengucap syukur tiada henti.

Dengan gemas sambil tertawa riang nadjwa menciumi pipi saya. “ makasih ya mommy ..selalu nemeni Nadjwa belajar. .. muaaccchhhh…”


Airmata saya tak terbendung. 

Dalam perjalanan pulang ... she told me that her teachers did the same scenario before gave the exam score. 

Waahhh... sekolahnya Nadjwa sesuatu bangetttt...

Saya hanya bisa tertawa geli dan mengacungi jempol atas kekreatifan guru guru dan kepala sekolahnya.

Bravo SD Percobaan Sleman...:D