Monday, August 20, 2007

si BUAH BAU



Pohon nangka di depan rumah sedang berbuah lebat.. buah yang termasuk ke dalam suku Moraceae, dengan nama ilmiah Artocarpus heterophyllus sarat bergelantungan di batang pohon.

Dalam bahasa Inggris,  nangka dikenal sebagai jackfruit.  Aroma buah menyengat, berwarna kuning cerah dan sangat manis rasanya.

Walaupun Nadjwa kurang begitu suka dengan aroma nangka dan sering menyebutnya BUAH BAU tapi Nadjwa dan Gallo cukup suka makan buah nangka, namun melihat banyaknya buah dan panen yang nyaris 3 hari sekali lama-lama mereka bosan juga.

Tetangga kiri-kanan pun sudah kenyang makan nangka tiap hari, alhasil teman-teman sekantor aku kerahkan untuk ‘merampok’ buah yang diyakini berasal dari India itu kalau sudah matang.

Pembantuku usul untuk menjualnya ke kios buah dekat rumah..

“ halah Mbok… kaya panennya ratusan biji aja..” suamiku nyeletuk.

“ ya iya nich ratusan… “ celetuk Gallo sambil menaruh satu per satu daging buah nangka yang sudah dibersihkan di atas nampan.

Nangka cukup terkenal di daerah kami, karena gudeg makanan khas kota yogya berasal dari nangka muda atau yang biasa disebut gori.

Pakde Sudi yang tinggal dibelakang rumah dan punya 2 ekor sapi juga sering minta daun nangka untuk pakan ternak. Dulu, beliau adalah pemilik tanah yang kami tempati kami sekarang , pernah berpesan, pohon nangka itu jangan ditebang .. karena pohon ini pembawa rejeki dan menjadi roh pelindung bagi kami seisi rumah…

Oke.. oke pakde kalau pembawa rejeki , amien.. amien.. tapi klu dibilang pohon itu ada penunggunya …hiiiiiii…….