Tuesday, August 28, 2007

From Zero to Hero


Bertambah setahun umur Nadjwa berarti tambah tujuh tahun umur Yumikko.
Yumikko yang kecil mungil sudah berumur 10 tahun sekarang sejak kami temukan maret 2006 lalu, Yumikko telah berubah menjadi seekor kucing dewasa yang sangat lembut dan sayang kepada Gallo dan Nadjwa.

Sejak kecil mata Yumikko terlihat galak, dingin dan pendiam. Yumikko tak berubah, hanya sifat protektif dan setianya yang makin terlihat.
Kemanapun Gallo dan Nadjwa pergi selalu diikutinya, kedua anakku ngebut naik sepedapun Yumikko akan terus mengikuti berlari dibelakangnya. Setahuku hanya anjing yang bersikap seperti itu, tapi kucing hitam putih kami kok seperti itu juga.
Yumikko punya kebiasaan lucu, karena sejak kecil terpisah dengan induknya dan tidak disusui, dia punya cara unik untuk merasakan kehangatan disusui. Ngedot pakai selimut Nadjwa !!

Kebiasaannya itu sering membuat kami tertawa geli, lihat saja, begitu malam tiba dan anak-anak bersiap tidur Yumikko juga ikut naik ke tempat tidur dan langsung menggelosor di kaki Nadjwa yang memakai selimut warna ungu yang tekturnya seperti bulu dan lembut , sedetik kemudian dia mulai menghisap dan menekan-nekan selimut persis seperti anak kucing yang menyusu induknya.

Kebiasaan makan Yumikko pun aneh… segala jenis makanan ‘mewah’ ditolaknya, whiskas dari jenis kitten, seafood, biskuit kucing tak membangkitkan seleranya. Tapi kalau Papi sudah memegang box berisi ‘gereh kranjang’ wow dia akan sangat antusias sekali, tapi…. makan gerehpun harus dengan nasi..!! gereh kranjang, bandeng, tongkol ataupun tengiri saja tak bakalan disentuhnya kalau diberikan tanpa nasi… “ ha..ha..ha.. Yumikko persis Papi kalau makan harus pakai nasi..” Gallo tertawa tergelak.

Yumikko adalah pahlawan bagi Gallo dan Nadjwa.

Pernah satu saat Nadjwa sakit demam tinggi, dengan setia Yumikko menunggui disamping Nadjwa dan rela satu kaki depannya terus dipegang Nadjwa berjam-jam tanpa dilepas, dan kucing setia itupun tak berminat sedikitpun untuk beranjak dari tempat tidur. Saat kugendong paksa untuk makan dia pun enggan dan cepat-cepat kembali ke tempat tidur dan kembali menyodorkan kaki depannya untuk dipegang Nadjwa.

Bagi Gallo yang punya hobby manjat-memanjat, Yumikko adalah pengawas yang galak. Kalau melihat Gallo memanjat tangga secepatnya dia akan naik lebih dulu sampai diatas kemudian dengan galak dia akan mencakar-cakar tangan dan kepala Gallo seperti menyuruhnya segera turun karena berbahaya. Gallo pasti teriak-teriak kesakitan dan aku yang mendapatinya sudah hampir sampai di atas dak rumah pasti juga ikut berteriak menyuruh Gallo turun. Amazing Yumikko…