Thursday, August 16, 2007

waterZone



Zona paling disukai Nadjwa .. air...!!!

Zona air baik itu kolam renang, sungai, laut adalah tempat yang harus diwaspadai karena resiko tenggelam.
Tidak perlu khawatir yang berlebihan asal kita tahu kunci utama pencegahannya.
Berikut kutipan dari WRM - Rekomendasi dari American Academy of Pediatrics untuk bayi dan anak di bawah usia empat tahun:

  • Jangan pernah meninggalkan sesaat pun seorang anak sendirian atau menitipkannya pada anak lainnya saat berada di kolam renang, bak mandi, ember penuh air atau genangan air terbuka di mana pun. Siapa pun juga tak bisa menggantikan orang dewasa dalam menjaga anak di sekitar air.
  • Lakukan “touch supervision”, artinya anak harus dapat terjangkau oleh tangan dan dengan perhatian penuh. Orang dewasa tersebut tidak boleh melakukan aktivitas lain yang membutuhkan konsentrasi seperti menelpon, ngobrol, atau pekerjaan rumah tangga.

  • Untuk kolam renang pribadi, pastikan memiliki pagar. Penutup kolam renang, alarm, ataupun benda lain tak dapat menggantikan pagar empat sisi untuk mencegah anak mendekati kolam renang.
  • Berdasarkan perkembangannya, anak belum siap untuk diajar berenang sampai ulang tahun ke-4. Waktu tepat mengajar anak berenang harus disesuaikan dengan kemampuan anak. Pelajaran berenang juga tak menjadi jaminan anak tidak akan tenggelam sehingga pengawasan tetap paling utama.
  • Orang tua, pengawas, atau pemilik kolam renang seharusnya belajar resusitasi jantung paru (pernapasan buatan) dan memastikan adanya fasilitas penyelamat yang lengkap.
  • Pastikan anak memakai alat pelampung yang terjamin yang membuat anak dapat mengambang di air.
  • Pastikan orang yang akan menjaga anak kita di kolam renang benar-benar sepenuhnya berkonsentrasi terutama bila banyak anak yang harus diawasi.
  • Pada kolam renang pribadi, pagar yang disarankan adalah empat sisi dengan ketinggian empat kaki atau lebih dan tak bisa dipanjat. Jarak antara dasar pagar dengan tanah dan antara pagar dengan pagar tak boleh lebih dari empat inci. Pintu pagar harus bisa menutup sendiri dan arah membukanya harus menjauhi kolam renang. Alarm dan penutup kolam renang yang keras juga dapat menambah perlindungan.