Saturday, May 26, 2012

Kaktus Madu


Gallo cukup suka sich dengan buah berdaging merah dan manis ini, cuman cukup suka, tidak begitu suka, alasannya ngeri dengan warna merah dan biji-bijinya… hiii..kayak nelen mata kecil-kecil katanya..qiqiqiqi lucu dech Gallo.
Tapi walaupun ngeri, kakak tetep habis separo mangkok buah. Separonya ditaruhnya didalam kulkas, dan bakal jadi penghuni abadi kalau mom tidak segera menghabiskan buah berlabel Dragon Fruit atau buah naga tersebut.
Beberapa tahun lalu, buah yang setahu mom ada tiga jenis di Indonesia ini sangat terkenal. Orang banyak berlomba membudidayakan buah yang kaya kandungan vitamin dan manfaat ini.

Satu per satu jenis buah naga membanjiri pasar di Indonesia. Awalnya buah berkulit merah dengan daging buah berwarna putih. Anak-anak tidak begitu suka karena agak hambar, tidak begitu manis. Jenis kedua buah berwarna kuning dan dagingnya putih. Nah jenis ketiga ini yang anak-anak mau,  buah berwarna merah dan berdaging merah, bahkan ada yang jenis super red. Nah untuk yang warna ini anak-anak masih mau mengkonsumsi bila mom menyediakan dimeja makan.
Beda dgn Gallo yang tidak begitu suka, tingkat kesukaan Nadjwa lebih tinggi. Adeq lebih sering mengkonsumsi buah yang awalnya banyak sebagai tanaman hias ini. Nadjwa lebih suka makan langsung dan dikerok dari mangkok buahnya, dengan sebelumnya dimasukkan beberapa menit ke freezer. HHHmmmmm ..dingin manis enakkk.. kata adeq.

Dragon fruit, menurut sejarah pertama dibawa oleh orang perancis pada tahun 1870 dari Guyana ke Vietnam. Karena dianggap sebagai buah pembawa berkah, buah ini selalu diletakkan di antara dua ekor patung naga berwarna hijau di atas meja altar. Warna merah buah terlihat mencolok di antara warna naga-naga yang hijau. Dari kebiasaan inilah buah itu di kalangan orang Vietnam yang sangat terpengaruh budaya Cina dikenal sebagai thang loy (buah naga). Istilah Thang loy kemudian diterjemahkan di Eropa dan negara lain yang berbahasa Inggris sebagai dragon fruit (buah naga).

Buah dari kelompok kaktus ini cukup kaya dengan berbagai zat vitamin dan mineral yang sangat membantu meningkatkan daya tahan dan bermanfaat bagi metabolisme dalam tubuh manusia. Penelitian menunjukkan buah naga merah ini sangat baik untuk sistem peredaran darah, juga memberikan efek mengurangi tekanan emosi dan menetralkan toksik dalam darah, selain itu manfaat lain bisa mencegah kanker usus, mencegah kandungan kolesterol yang tinggi dalam darah dan menurunkan kadar lemak dalam tubuh.
Nah lengkap khan manfaatnya, sangat cocok untuk buah diet neeh… hehehehehe