Saturday, May 26, 2012

Sarapan Pagi

Sedih gak siihh kalau dah siapin sarapan buat anak-anak sebelum mereka  sekolah tapi gak tersentuh..?
Nasi goreng dan telur ceplok utk sarapan kakak masih utuh dimeja makan.
Terdengar nada sms dari HP mom.
‘maaf mom… tadi Gallo lupa sarapan..’ lapor Gallo via sms.
Hehhhh…. helaan nafas panjang dan menyesal, kenapa tadi pagi mom buru-buru mandi dan tidak memastikan kakak segera sarapan sebelum dijemput  untuk berangkat ke sekolah.
‘sekarang aku lapeeerrrrr…L’ susul sms Gallo berikutnya.

Mom melirik jam dinding : 09.15 wib…Hikss…kasihan kakak, karena buru-buru harus berangkat pagi, kelupaan sarapan dan akibatnya perut melilit karena lapar.
‘ya kak, ditahan ya.. J besok lagi sarapan lebih pagi seperti  Nadjwa, sarapan dulu baru mandi.. hehehe’ jawab mom.
Detik berikutnya kakak membalas sms dengan emot melet-melet. hehehehe

Sarapan, memang sangat penting, lebih dari sekadar untuk pengganjal perut, tubuh dan otak yang sedang berkembang bergantung pada apa yang menjadi asupan. Anak yang melewatkan sarapan, akan tidak berenergi, terganggu kegiatannya di sekolah karena lapar.
Alhamdullilah sekolah kakak sudah disediakan makan siang, dan tentunya dengan takaran gizi yang tepat sehingga mom tidak terlalu khawatir akan kebutuhan makanan kakak selama disekolah terlebih bila kakak lupa sarapan seperti tadi pagi.

Sebagai orang tua bekerja, kadang kita memang gak punya cukup banyak waktu untuk menyiapkan sarapan. Tapi untunglah Gallo dan Nadjwa tidak susah makan, apapun yang disediakan dimeja makan pasti mereka santap. Dan mom sudah paham jenis-jenis sarapan mereka , sehingga mom dengan mudah selang seling menyiapkannya.
Seperti tadi pagi, nasi goreng udang dengan telor ceplok, pagi berikutnya tinggal pilih semangkuk sereal dan pisang, roti bakar coklat, mie goreng ato mie rebus, nasi putih lauk karage, kentang goreng dan sosis, atau kalau mom gak membuat sendiri cukup beli sepiring nasi kuning atau nasi gudeg telor bisa dgn mudah disiapkan.
Dan tentunya, tak lupa segelas susu atau milo sangat cukup untuk membantu pertumbuhan mereka.
Kalau nggak diganti menunya tiap hari, anak-anak pasti bosan dan malas sarapan.
Tapi menu sarapan anak-anak memang minim sayur , karena memang mereka tidak suka makan sayur pagi hari. Gak masalah siih.. toh di sekolah mereka sudah dapat menu makan lengkap, dan sore atau malam harinya mom akan menyediakan cukup sayuran dan buah buat kebutuhan serat mereka.  Mengedukasi anak mengenai pentingnya sarapan memang sangat membantu. Mereka sangat sadar akan kebutuhan makan pagi demi kelancaran belajar mereka disekolah.
‘ besok sarapan pancake aja ya mom.. biar kakak yang bikin pagi-pagi…’  pesan Gallo.