Tuesday, January 6, 2009

Taman Pintar


Sudah lamaaa sekali Nadjwa kepingin ke Taman Pintar. Tapi baru liburan sekolah ini kesampaian.
Tiap kali lewat di Jalan Senopati terlihat taman yang di resmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu selalu penuh pengunjung. Terlebih liburan sekolah.

Bermain sambil belajar
Setiap pengunjung taman pintar pasti setuju dengan motto diatas.
Anak-anak disuguhi dengan banyak pengetahuan di areal taman , tujuan dibangunnya taman adalah sebagai pendekatan untuk menyampaikan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dilakukan melalui berbagai media dengan tujuan meningkatkan apresiasi terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi.
Secara garis besar materi isi Taman Pintar terbagi menurut kelompok usia dan penekanan materi. Menurut kelompok usia terbagi atas usia tingkat pra sekolah hingga taman kanak - kanak dan sekolah dasar hingga sekolah menengah, sedangkan menurut penekanan materi diwujudkan dalam interaksi antara pengunjung dengan materi yang disampaikan melalui anjungan yang ada.

Masuk Gedung Oval
Harga tiket masuk taman pintar dibedakan dari usia dan pengunjung rombongan atau jumlah kecil. Kebanyakan pengunjung taman adalah dari sekolah-sekolah dalam dan luar kota. Anjungan pengetahuan berada di Gedung Oval. Berbagai Anjungan sebagai media untuk menyampaikan materi isi disusun secara menyeluruh mulai dari anjungan sebagai sarana permainan, anjungan yang bersifat pengenalan, anjungan materi dasar eksakta hingga anjungan yang memaparkan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi. Perencanaan anjungan materi isi disusun dengan konsep permainan dan pemaparan yang diikuti dengan penjelasan materi yang
disampaikan.




Film 4 Dimensi
Selain fasilitas pengetahuan dan permainan , Taman Pintar juga menyediakaan sarana hiburan nonton film 4 Dimensi.
Gedung film berkapasitas kurang lebih 100 orang itu, sesak dengan pengunjung yang antri mengular, karena capek berdiri alhasil orang-orang memilih duduk dilantai daripada kaki pegel. Durasi film sih cuma 15 menit, tapi Gallo dan Nadjwa harus antri 30 menit karena yang antri lebih dari 200 orang...:-D




Gong Perdamaian

Gong raksasa yang terletak area Playground depan gedung oval dibuat dalam rangka memperingari 1 Abad Hari Kebangkitan Nasional, pada tanggal 20 Mei 2008 .

Gong Perdamaian Nusantara ini merupakan sumbangsih Indonesia sebagai wujud kepedulian terhadap perdamaian dunia. Peresmian Gong Perdamaian dilakukan oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X dan didampingi oleh Walikota Yogyakarta, Herry Zudianto.




Gallo. Ruben dan Nadjwa puas dan senang bermain di Taman Pintar. Area indoor dan outdoor sudah dijelajahi mereka bertiga. Dari mencoba semua permainan di area gedung oval, games, nonton film hingga bermain panjat di playground.
Sambil melepas lelah di bawah pohon-pohon rindang di seputar playground ketiganya asyik menikmati segelas juice orange dan big burger yang yummy....