Wednesday, January 8, 2014

Pura Tanah Lot

Maksud hati nungguin sunset di Pura Tanah Lot, tapi sayang mendung dan malah sedikit gerimis. HHmmmm lewat lagi satu keindahan yang disuguhkan panorama laut Bali.
Pura Tanah Lot memang selalu penuh pengunjung. Apalagi di area dekat pantai, saat musin liburan seperti kemarin. Banyak bocornya saat ambil foto. Liburan kali ini lebih padat pengunjung dibanding kedatangan saya 2 tahun lalu. Alhasil Saya tidak bisa mengambil foto dengan sudut baik… Take a look…. Hahahaha… puranya gak kelihatan…. L




Objek Wisata Tanah Lot Bali merupakan objek wisata alam yang memang sangat digemari para turis lokal maupun mancanegara, banyak sekali pengunjung yang datang ke Bali mengatakan belum ke Bali kalau tidak  ke Tanah Lot.

Tanah Lot terletak di desa Beraban, kecamatan Kediri, kabupaten Tabanan. Ada dua buah Pura yang berada di Pantai Tanah Lot, yaitu Pura yang berada di atas bongkahan batu dan sebuah Pura yang berada di atas tebing yang menjorok ke laut.

Pura Luhur Tanah Lot atau biasa disingkat menjadi Pura Tanah Lot merupakan salah satu Pura Sad Kahyangan, yaitu pura yang dipercaya oleh orang Hindu sebagai sendi-sendi penjaga pulau dewata. Pura lainnya yang termasuk Pura Sad Kahyangan antara lain Pura Besakih, Pura Ulu Watu, Pura Pusering Jagat, dan lain-lain.


Pura Tanah Lot merupakan tempat pemujaan dewa-dewa penjaga laut. Pura ini memiliki ciri khas sebagai pura yang terletak di “tengah” laut (terletak sekitar 50 meter dari pantai ketika pasang). Apabila air laut pasang, maka wisatawan akan menyaksikan pura ini dikelilingi oleh air, sehingga tampak benar-benar di tengah laut. Apabila ingin menjelajahi keindahan pura, ada baiknya untuk datang pada sore hari, sebab biasanya air laut sedang surut..



Sayang walaupun sudah datang sore hari, saya tidak mampu meng-capture indahnya Tanah Lot..:(


Momen sunset selalu ditunggu-tunggu oleh para turis maupun fotografer profesional untuk diabadikan ke dalam kamera. Menunggu waktu sore, disebuah spot yang ada batu karang yang bolong di tengahnya, harusnya menjadi lokasi favorit untuk berfoto sayang… sunset tak datang… L