Wednesday, August 17, 2011

Proklamasi Cabe

bibit cabe omahijo

... Dirgahayu ke 66 Indonesiaku.. Smoga makin makmur dan bahagia rakyatnya... Hueeee... Nyadur wishlistnya presiden RI pertama neeh.. ketika pidato menjelang detik2 proklamasi kemerdekaan doeloe.

Nah ngomongin proklamasi, sptnya ini waktu yang tepat, hari ini mom bakal memproklamirkan hobby baru yaitu BERTANAM CABE. Hehehehe. Harap makhlum ini saat yg tepat, saatnya repotting si baby cabe ke wadah yg baru, pas tgl 17 Agustus, ∂ï hari spesial hingga mudah sbg pengingat.

bibit 1 bln
Selain itu spirit kemerdekaan bakal ikut menyertai tumbuhnya si cabe,  jadi tanaman yg subur dan makmur. Makmur spt harapan pak Soekarno. hehehehehe
Makmur adalah sebuah hasil yg lebih dari kegiatan/kerja yg sungguh2, ∂ï limpahi doa tulus dan keikhlasan utk terus menerus sabar bekerja dgn optimal.

Kalau begitu mom berharap kegiatan bertanam cabe ini bakal memberi hasil positif dan dpt digunakan utk kemakmuran keluarga deeh....:-)
Jiaaahhh... Dalem banget makna kegiatan hari ini yg berbareng dgn Indonesia Independence day.

Madame Jeanette

‎​​​​​​Hhhм̲̅м̲̅м̲̅м̲̅м̲̅ ◦°◦º ... persiapan repotting bibit cabe sdh siap,  saatnya cabe pindah wadah dan media agar tumbuh subur dilahannya yg baru.

Biji cabe yg mom tanam berasal dari Suriname, dgn nama beken  madame jeanette. Menurut info si nyonya termasuk dalam 10 cabe terpedas ∂ï dunia dan menempati rangking 4.Kalau dibuat sambal orang-orang bahkan menyebutnya sambel setan. Huahahahahha... mungkin krn warna merahnya spt setan kah?? ihh..embuhh.... :-D 

Di luar dugaan kita, sambal sesungguhnya merupakan bahan makanan kaya zat gizi. Cabai  yang merupakan komponen utama pembuatan sambal banyak mengandung vitamin C dan betakaroten (provitamin A), mengalahkan buah-buahan populer seperti mangga, nanas, pepaya, atau semangka. Bahkan kadar mineralnya, terutama kalsium dan fosfor, mengungguli ikan segar.

Sementara itu, kandungan vitamin C cabai hijau justru jauh lebih besar daripada cabai rawit. Hmmm... bagi penggemar sambal silahkan bersyukur krn dibalik mules dan kerongkongan panas kepedesan terkandung manfaat gizi yang lumayan
lengkap.

Unsur pedas pada cabai ternyata terdapat pada komponen kapsaisin yang tersimpan dalam urat putih Cabai, tempat melekatnya biji. Banyak orang membuat sambal dengan membuang biji cabai bersama uratnya untuk mengurangi rasa pedas. Padahal, khasiat terbesar pada cabai terletak pada komponen kapsaisinnya.

Kapsaisin adalah zat nonpolar, tidak bisa dicampur air, persis seperti minyak. Jadi jika terasa pedas tidak akan sembuh dengan meminum air karena kapsaisin tidak larut, bahkan dengan air kapsaisin bisa merata di dalam rongga mulut.
Cara terbaik menghilangkan pedas adalah dengan lemak atau minyak.
 




Nah... karena manfaat dan jenis cabe yang spesial ini, mom jadi semangad tinggi untuk mengembangbiakan cabe oleh-oleh dari Belanda ini.

Tanah subur yg terdiri dari campuran pakis , tanah humus dan sekam bakar sdh siap berikut pot2 plastik.

Si  ™ deecchhh.. Smoga cabe tumbuh subur dan menghasilkan buah yg lebat. Lumayan klu dijual bisa menambah penghasilan keluarga. Ayooo siapa mo ikut jejak bertanam cabe..??