Friday, January 13, 2012

Menanti Hasil Ujian


Sebagai SAP asistent di FE UII, musim ujian adalah musim panen kesibukan. Mempersiapkan ujian 16 kelas dengan jumlah kurang lebih 25 mahasiswa tiap kelasnya merupakan pengalaman baru buat saya karena sebelumnya job desk saya adalah accounting.

SAP Accounting Program adalah unit cost center FE UII yang menyelenggarakan perkuliahan SAP di dalam kurikulum atau short course. Mata kuliah yang bisa diambil mahasiswa adalah Lab ERP (overview), Business Process Integration I & II, Dashboard Business Object dan Terp 1O.
Dan bulan Januari ini adalah jadwal ujian mereka, sekaligus stlh itu menunggu detik-detik nilai keluar dari dosen.

Sudah seminggu mahasiswa hilir-mudik ke office , setengah galau karena nilai mereka belum muncul juga di papan pengumuman. Hitungan mundur dimulai karena akhir minggu adalah hari penentuan hasil jerih payah kuliah mereka satu semester. Dan puncaknya adalah hari jum’at ini karena hari berikutnya yaitu sabtu mereka harus langsung mengikuti ujian remidial bagi yang tidak lulus.
Sehari ini, SAP Office sungguh rame dan seru luar biasa…:-D

Hilir mudik mahasiswa tak henti bertanya kapan nilai mereka keluar. Sementara saya dan Monicha, mahasiswa asisten dosen yang membantu di SAP Office juga tengah sibuk hunting nilai dari dosen ..hehehe.. skali lagi krn deadline waktu… J

Satu per satu nilai dari dosen masuk… setelah prosessing saatnya nilai ditempel… seruuuuunya minta ampuunnn , teriakan kegirangan atau saling ‘ejek’ karena tidak lulus jadi pemandangan yang menggelikan dan mengharukan. Ada yang cuek dan biasa saja walau nilai mereka dibawah standar tapi ada yang terlihat shock dan galau luar biasa.

“ mbak…. Alhamdullilah aku lulus…. “ teriak Putri kegirangan ketika saya melongok keluar ruangan melihat kehebohan mahasiswa yang tengah berdesakan didepan papan pengumuman.
“ mbak….. nilaiku belom keluar….” Keluh Gilang setengah putus asa terlihat duduk menggelosor di ujung koridor. Makhlum mahasiswa yang mengambil mata kuliah ERP short course itu sudah menunggu sejak pagi hari.
“ sabar ya Lang.” ucap saya mencoba menenangkan.
“ iya ya mbak… yang sabar pan***nya lebarrrrrrr…..” sahut teman-temannya Gilang. Tawa gemuruh menambah ruangan SAP tak beda seperti pasar burung .
“ iya nich mbak, sabar wissss…. Kalau sabar pasti nilainya bagus yo mbak..” tambah Farhad.
“ dah pada sholat aja dulu sana…. Mohon petunjuk dan kemudahan agar dosen-dosennya cepet bisa selesai koreksi…” saya menambahkan.
“ iya neeh mbak…. Sekalian Sholat jum’at aja yaaaa…. Khan sebentar lagi….” Sahut mahasiswa rame.

Hehehehehe…. Maunya serba irit aja nich mahasiswa.. J wokey lah smoga dosenmu gak irit ngasih nilai ya dik… Dan besok gak banyak dari kalian yang remidial.

All the best for kalian … J