Tuesday, January 10, 2012

Satu Nangka


Pohon nangka depan rumah berbuah lagi. Tahun ini bakal buah yang muncul cukup banyak, tapi mom sengaja membuang 'babal' bakal buah nangka dan hanya menyisakan satu buah di batang pohon yang agak rendah setinggi ukuran badan agar mudah memanen sang buah yang tumbuh sempurna di daerah tropis ini.

Nangka memiliki aroma yang khas dan membuat sebagian orang kurang menyukainya. Walaupun begitu buah yang berasa manis dengan daging tebal ini banyak mengandung vitamin A, C, B dalam bentuk senyawa thiamin, riboflavin, niacin, serta mengandung mineral seperti calcium, potassium, ferrum (zat besi) dan magnesium yang bila dikonsumsi bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan tubuh kita.
Buah nangka yang merupakan buah terbesar yang dihasilkan dari sebuah pohon ini memiliki manfaat a.l.

1. Meningkatkan kesehatan saluran pencernaan
Nangka mampu membantu menyembuhkan borok lambung dan serat nangka sangat membantu mengatasi konstipasi (susah buang air besar). Dengan demikian, buah nangka mampu ikut membantu mencegah timbulnya kanker usus besar.

2. Memperkuat sistem imun
Buah nangka adalah sumber vitamin C yang sangat baik, sebagai antioksidan yag ampuh mencegah flu dan infeksi.

3. Proteksi terhadap kanker
Buah nangka mengandung fitonutrien seperti lignan, isoflavon, dan saponin yang membentuk proteksi tubuh melawan timbulnya kanker.

4. Menurunkan tekanan darah
Buah nangka mengandung potassium (kalium) yang penting dalam menjaga keseimbangan cairan tubuh dan eletrolit sehingga bermanfaat positif terhadap pengaturan tekanan darah, sehingga mengurangi resiko serangan jantung dan stroke.

5. Membantu kesehatan indra penglihatan
Kandungan vitamin A dalam buah nangka akan membantu menjaga kesehatan mata. Selain itu, vitamin ini juga penting untuk menjaga kesehatan kulit dan membran mukosa (contohnya pada hidung di bagian dalam) dan meningkatkan fungsi sistem imun.

6. Peningkatan energi
Buah nangka dapat dipertimbangkan sebagai makanan penambah energi karena adanya kandungan gula sederhana seperti fruktosa dan sukrosa. Daging buahnya yang empuk, manis, dan halus dapat segera membuat kita merasa segar kembali.


Hmmmm.... ternyata gak terlalu lama buah nangka Ɣªήğ besar itu sdh siap panen. Sungguh menggoda, tiap pagi dan sore saat menyapu halaman sekilas sdh tercium aroma nangka matang, artinya Omahijo family  di sore nan cerah memanen buah ranumnya. Whoala sungguh manis dan tebal daging si nangka, berwarna kuning keemasan cerah dan bikin gak berhenti mengunyahnya. Ooopppsss… awas jaga agar nggak sakit perut…. J

Powered by Telkomsel BlackBerry®