Tuesday, November 15, 2011

Four Colors


Suriname Cherry atau Dewandaru yang tumbuh dibawah pohon mangga Omahijo mulai berbuah lagi… J sejak sebelum masuk musim hujan tanaman yang punya sebutan blimbing atau ciremai londo ini sudah mulai menampakkan putik bunga berdompol-dompol dipangkal daun sepanjang tangkai pohon. Mahkota bunga Dewandaru berbentuk kuku dan berwarna kuning, kelopak bunga bertajuk tiga sampai lima dengan benangsari yang  banyak dan warna putih sungguh indah dipandang, mirip-mirip penampakan apple blossom di negeri 4 musim sana, hehehehe..

Dewandaru yang memiliki nama ilmiah Eugenia uniflora ini tersebar luas di negara-negara Amerika Selatan terutama di Brasil, Argentina, Uruguay, dan Paraguay dan menyebar di Indonesia hingga di daerah Sumatera dan Jawa , salah satu pohonnya berumur hampir 5 tahun tumbuh tinggi besar di Omahijo dan sarat berbuah tiap tahunnya.


Mom menanam pohon Dewandaru dihalaman depan rumah, selain indah dipandang karena buahnya berwarna-warni, dari hijau ketika buah masih muda, berubah kuning muda, orange dan akhirnya matang merah merekah , buah yang rasanya asam manis ini juga banyak manfaatnya. Buah Eugenia uniflora digunakan sebagai peningkat kualitas astringent dan mengurangi tekanan darah tinggi. Nahh.. itulah kenapa eyang putri paling sering memanen buah Dewandaru, karena eyang penderita hypertensi. Selain itu bisa digunakan untuk menurunkan kolesterol. Daunnya sebagai obat tradisional berkhasiat sebagai obat mencret antidiare, diuretik, antirematik, anti-febrile, dan antidiabetik.


Buah Dewandaru juga banyak mengandung vitamin A, C, dan E , dewandaru mempunyai antioksidan yang lebih atraktif dibanding dengan buah ataupun sayuran lainnya. Karena berdasarkan penelitian, tumbuhan tersebut mengandung sebagian besar flavonoid antioksigen yang berperan pada efek anti oksidan yaitu sebagai penangkal radikal bebas, seperti diketahui udara yang gak lagi bersih karena banyaknya polusi sudah seharusnya membuat kita banyak konsen akan kesehatan.
Nah sayang sekali khan kalau gak memanfaatkan pekarangan rumah, cukup dengan sejengkal tanah tuk menanam Dewandaru. Sudah sedap dipandang mata kaya manfaat lagii… J