Wednesday, November 9, 2011

Puding Coklava


….. tarrrraaaaaa….. this is it.. puding coklava ala Gallo untuk Nadjwa…. “ dengan fasih kakak menirukan logat Farah Queen chef cantik sexy yang sering muncul di TV.. hhmmmmm...sepotong puding cantik dibuat kakak untuk adeq yang sedang sakit. Ooohhhh so sweet banget…. J.



Mom terharu dan sangat senang dengan ide kakak, sungguh.. Gallo dan mommy prihatin banget liat kondisi Nadjwa yang sedang sakit. Badannya lemah dan berat badannya cepet sekali menyusut karena nggak mau makan. Makanan apa saja yang mommy tawarkan hanya dijawab dengan gelengan kepala. Tapi mom nggak bisa tinggal diam, bagaimanapun yang namanya makan sangat dibutuhkan tubuh terutama saat sakit, karena makananlah yang bisa mendongkrak badan agar segera pulih dan sehat seperti sediakala.

Akhirnya setelah melalui tawaran aneka jenis makanan yang dimaui Nadjwa, bubur bayi, cereal dan susu menjadi pilihannya. Mom segera melengkapi aneka bubur, jenis makanan yang paling mudah ditelan ini sangat membantu Nadjwa yang tenggorokannya sedang radang parah dan juga sariawan. Bubur susu, beras merah, kacang ijo dan super bubur memenuhi belanjaan mommy siang itu.

“ mom, buatin puding juga…”seru kakak Gallo yang ikut menemani mommy belanja .

“ ooo iyaaa betul…. Adeq suka maem puding khan…” mom bersyukur ada tambahan jenis makanan lain yang bisa ditelan adeq.

Nadjwa sangat susah menelan makanan, kemarin waktu mom menyuapi dengan soup dan nasi malah muntah-muntah. Jadinya mom harus memilih makanan yang mudah ditelan dan dicerna perut Nadjwa yang sedang ngambek menerima makanan kasar.

Bahan utama membuat puding adalah agar-agar yang sekarang ini kebanyakan dijual dalam bentuk bubuk. Puding mudah pembuatannya dan yang pasti kaya akan serat dan gizi.

Banyak orang tak percaya kalau agar-agar kaya serat. “Serat dari mana?” Mereka rupanya tidak tahu kalau bubuk agar-agar itu berasal dari ekstrak rumput laut yang merupakan ganggang atau algae yang di keringkan. Algae yang digunakan adalah algae merah yang banyak tumbuh di laut tropis. Karena rumput laut ini kaya serat, otomatis ketika dijadikan bubuk agar-agar pun tetap kaya serat hanya saja dalam bentuk yang sudah halus.

Tak hanya serat, rumput laut juga agar-agar kaya sejumlah vitamin dan mineral seperti zat besi, yodium, kalsium, juga seng yang dibutuhkan oleh tubuh.

“…. Hmmmmm pengen segera bikinin Nadjwa puding coklat dengan vla susu mom… ayo cepet pulang…” Gallo buru-buru menarik tangan mommy ke arah kasir.

“ iya sayang… sabar… “ mommy tersenyum simpul.