Saturday, June 2, 2012

Serabi modern


Sesuai janji, kakak Gallo bangun lebih pagi untuk bikin sarapan serabi modern atau Pancake.. J hehehehehe. Disebut modern karena bahan bakunya seperti serabi tapi dikemas modern dalam kemasan kotak siap bikin.

Nyamm…nyam… lezatnya sarapan pagi kali ini. Walaupun pancake tersebut sederhana hanya dengan guyuran saus madu tapi rasanya sungguh enak karena dibuat dengan penuh sayang dan senyum manis Gallo.

“ kakak pinter, besok  bikin lagi ya kak… “ puji Nadjwa sambil menikmati suapan terakhir kue manis empuk tersebut.

Pancake atau kue dadar adalah kue yang tipis dan pipih yang terbuat dari mentega, terigu dan susu yang dimasak di wajan anti lengket. Pancake adalah sejenis roti namun teksturnya tidak seperti roti, pancake lebih lembut dibandingkan roti. Beberapa menggunakan ragi sebagai pengembang atau fermentasi. Kebanyakan pancake dimasak hanya pada satu sisinya saja (tidak dibalik). Namun tergantung dari negaranya, pancake bisa disajikan kapan saja dari sarapan pagi, makan siang hingga makan malam dengan berbagai topping termasuk selai, buah, cokelat bijian atau sirup maupun daging.

Pancake dikenal di hampir semua benua,  di India dinamakan Pooda namun biasa dipanggil Cheela. Di Indonesia yaitu Serabi yang terbuat dari tepung beras dan santan. Di Korea dinamakan Jeon, Pajeon, Bindaetteok, Kimchijeon dan Hotteok. Sedangkan di Jepang dinamakan Otonomiyaki, dihidangkan dengan seafood. Di Malysia dan Singapore disebut Min Chian Kuih. Di Eropa Tengah dan Timur contohnya di Austria, Republik Ceko dan Slovakia menamakannya Palatschinke. Di Hungaria dinamakan Palacsinta.

Dan tahukah kalau pancake punya hari jadi? tahun 2011 , pancake day jatuh pada tanggal 8 Maret.. J

-    end -