Wednesday, June 27, 2012

Morbili

Kecapekan setelah piknik kemudian sakit adalah hal yang paling mudah diprediksi. Tapi klu sakitnya hingga membuat Nadjwa harus opname karena kena virus morbili, waahhh ini benar-benar diluar dugaan saya.
Minggu sore Nadjwa sdh terlihat tidak sehat. Wajahnya memerah dan bengkak, suhu tubuhnya mulai naik. Ketika saya thermo sdh mencapai angka 39.
Saya langsung memberinya obat penurun panas yang biasa diminum Nadjwa.
Senin pagi saya minta Nadjwa untuk tidak sekolah dulu karena badannya masih belum fit dan panasnya masih naik turun.
Saya sendiri memutuskan berangkat kerja dan meninggalkan Galo dan Nadjwa yang sedang sakit dirumah.
Sungguh dilema seorang ibu pekerja kantoran.

Sore hari ketika pulang kantor saya lihat kondisi Nadjwa makin parah, wajah, telinga dan lehernya penuh bercak kemerahan.
Nadjwa juga mengeluh pusing dan mual.
Saya segera minta Galo utk mendaftar periksa dokter di dekat rumah.
Dokter yang memeriksa Nadjwa mendiagnosa alergi, katanya bukan campak seperti dugaan saya. Sampai dirumah saya minumkan obat Ɣªήğ diberikan dokter.

Malam hari Nadjwa mulai panas tinggi dan terus mengigau. Pagi harinya bercak merah yang sangat banyak memenuhi dada dan punggung Nadjwa.
Tak banyak pikir lagi saya segera membawa Nadjwa ke JIH.

Setelah diperiksa oleh dr. Elisa, SpA . Nadjwa positif kena morbili atau campak. Karena tergolong campak klasik juga disertai munculnya bercak yang sangat banyak diseluruh badan, dokter meminta Nadjwa di opname saja.
Saya sendiri tak mau ambil resiko, kondisi badan Nadjwa Ɣªήğ drop krn kecapekan liburan ke Bandung Jakarta bisa memicu semakin parah sakitnya, apalagi klu sakit Nadjwa sangat sulit makan dan minum.

Dr. Elisa Sp A, merekomendasi dirawat di ruang isolasi pediatric 3006 JIH. Setelah saya mengurus beberapa syarat administrasi, giliran Nadjwa segera mendapat penanganan spt pasang infus dan ambil darah untuk periksa di lab.

Campak (Morbili) adalah penyakit virus akut, menular yang ditandai dengan 3 stadium, yaitu stadium prodormal ( kataral ), stadium erupsi dan stadium konvalisensi, yang dimanifestasikan dengan demam, konjungtivitis dan bercak koplik. Morbili adalah penyakit anak menular yang lazim biasanya ditandai dengan gejala-gejala utama ringan, ruam demam, scarlet, pembesaran serta nyeri limpa nadi.


Morbili merupakan penyakit akut yang mudah sekali menular dan sering terjadi komplikasi yang serius.

Demi mengurangi resiko serius akibat virus yang menyerang sekali dalam hidup seseorang ini, saya percayakan kesembuhan anak saya di tangan dokter anak terbaik juga suster2 yang ramah di JIH.
Semoga lekas sembuh ya Nak... Dan dapat beraktifitas spt sediakala.