Monday, October 31, 2011

Secangkir Kopi Hitam


Kopi bukan instan, alias kopi tubruk, jenis kopi yang diminum mom hampir tiap hari. Terutama sore menjelang  magrib, saat waktu rehat datang usai berbenah rumah. Meneguk secangkir kopi hitam atau sesekali ditambah susu atau creamer sembari duduk disofa empuk, mendengarkan celotehan anak-anak , menikmati rumah dan halaman yang bersih dan rapi …. hhmmmm sungguh suasana nyaman dan indah… apalagi sayup-sayup suara michael buble mengalunkan lagu song for you dari balik ruang keluarga….. Thanks God…  for  the amazing moment.

Minum kopi, sudah jadi kebiasaan mom sejak jaman sekolah dulu. Tiap hari minimal 1 gelas, cairan berwarna hitam pekat itu selalu menjadi teman setia . Kalau orang-orang santer mengatakan jangan minum kopi sebelum tidur krn menurut mereka efek kopi bisa membikin mata melek semalaman, maka gejala itu nggak ditemui mommy. Mo tidur ngopi dulu sambil dengerin radio dan baca novel adalah rutinitas yang paling mom sukai waktu SMA dulu.

Kafein, zat yang terkandung dalam kopi yang disebut-sebut sebagai bahan pembangkit stamina dan penghilang rasa sakit inilah yang membuat sebagian orang tidak bisa tidur bila kebanyakan mengkonsumsinya. Mekanisme kerja kafein dalam tubuh adalah menyaingi fungsi adenosin (salah satu senyawa yang dalam sel otak bisa membuat orang cepat tertidur). Dimana kafein itu tidak memperlambat gerak sel-sel tubuh, melainkan kafein akan membalikkan semua kerja adenosin sehingga tubuh tidak lagi mengantuk, tetapi muncul perasaan segar, sedikit gembira, mata terbuka lebar, jantung berdetak lebih kencang, tekanan darah naik, otot-otot berkontraksi dan hati akan melepas gula ke aliran darah yang akan membentuk energi ekstra.

Memang kepekaan setiap orang akan seberapa besar kadar kafein yang dikonsumsi berbeda-beda. Bagi mom minum segelas kopi sebelum tidur tidak membuat ‘kesegaran badan’ yang berlebihan, beda dengan teman mom yang tidak terbiasa ngopi, minum setengah cangkir saja membuat mata nggak mau merem hingga  subuh.

Minum kopi dalam jumlah yang cukup atau sedang tidak akan membahayakan, bahkan akan bermanfaat bagi kesehatan. Minum kopi dalam takaran yang pas, antara lain bisa menghindarkan diri dari serangan jantung dan stroke , menurunkan risiko kanker payudara juga mencegah diabetes.

Kopi dalam jumlah yang aman adl  300 mg kafein atau setara dengan 3 cangkir kopi perhari. Kecanduan terhadap kafein diperkirakan jika mengkonsumsi lebih dari 600 mg kafein atau setara dengan 5-6 cangkir kopi perhari selama 8-15 hari berturut-turut.

Jadi … mulailah mengawali hari dengan menyeruput kopi manis, yang ternyata membuat kinerja otak akan lebih efektif sehingga daya ingat meningkat.

Coffee…. I Like It…. J