Saturday, October 29, 2011

Tengah Semester 1


Bulan Oktober ini, kakak dan adik sama-sama menempuh ujian tengah semester ganjil.
Alhamdullilah walau sempat kena sakit cacar selama seminggu, kakak bisa ikut ujian. Senin hari pertama kakak masuk sekolah setelah sakit langsung dihadapkan pada soal-soal ujian yang berjibun banyaknya.


Waktu ujian yang bersamaan membuat mereka selalu belajar bareng tiap malam. Saat serius mengerjakan, keduanya terlihat begitu tekun dan anteng . Tapi tak jarang kakak dan adeq suka saling ledek saat2 belajar bersama tentang hasil akhir nilai mereka nanti.


Seperti malam itu ketika mereka tengah asyik belajar dimeja makan.
Nadjwa yang tengah membaca buku pelajarannya dengan suara agak keras diprotes kakaknya “berisik ahh deq… membaca tu dibatin aja…” . Nadjwa mencibir jengkel. “kakak tu yang aneh ya mom… masak belajar sambil dengerin musik gitu…” ucap Nadjwa sambil menunjuk headphone yang bertengger menutupi telinga kakaknya.
“… eeiiittsss.. jangan salah.. walaupun dengerin musik aku tetep bisa belajar dan mengerjakan soal, ini namanya bisa membagi konsentrasi.
“… hah bohong… bisa ngerjain soal… ?? paling nilai kakak 63-65… weeeekksss….” Nadjwa tertawa-tawa jahil.
“…. Asyeeeemikkkk…..” Gallo menarik-narik rambut adiknya dari seberang meja.
“…mommy…. Sakit…. Kakak nakalll….huuu…huuuu…..” teriaknya sambil pura-pura menangis.
“… kakak….jangan sayang…ayo sudah bercandanya......” mom menghampiri keduanya di meja makan, mencolek pipi kedua gadis kesayangan mom setelah meletakkan 2 gelas juice jambu dihadapan mereka.
“… eh kak, ni ada pertanyaan di modul bahasa Indonesiaku, Apa kelebihanku…?... hmmm kira-kira apa ya kak…?” Nadjwa bertanya ke kakaknya sambil menyeruput juice jambu kesukaannya.
“ … kelebihan gigi…..” Gallo spontan menjawab sambil tertawa ngakak.
Detik berikutnya gantian Gallo yang teriak-teriak karena rambutnya ditarik-tarik Nadjwa.


***


Setelah seminggu ujian , akhir bulan ini saatnya melihat berapa score hasil ujian yang telah mereka tempuh.


Alhamdullilah, hasil ujian mereka berdua tidak mengecewakan. Walaupun keduanya bukan anak terpandai dimasing-masing sekolah, tapi mom bersyukur nilai mereka lumayan bagus.


Nilai kakak  sebagai siswi SMP Al Azhar 26 Yogyakarta dilaporkan secara detail meliputi semua nilai ulangan harian, tugas dan nilai Mid. Ada beberapa ulangan harian dan tugas yang kosong alias tidak ada nilainya karena kakak sakit seminggu tempo hari.


“ ada 5 mata pelajaranku yang nilai mid dibawah KKM ya mom… nilainya merah lagi.. “ ucap Gallo kecewa sambil mengamati laporan nilai UTS I.
“ gag apa-apa kak, masih penyesuaian dari SD ke SMP , pelajarannya khan juga sulit…” sahut eyang putri bijak. “ tadi pak gurumu bilang kalau kakak termasuk murid yang pintar, nilai kakak termasuk bagus, lebih tekun belajar dan serius memperhatikan pelajaran saja.. gitu pesannya..”


Mom tersenyum, mengangguk dan mengelus kepala kakak, sungguh mom mengucapkan terima kasih karena eyang putri yang mewakili mom mengambil hasil ujian kakak ke sekolah, tak lain karena kesibukan kantor yang tidak bisa ditinggal.


KKM singkatan dari Kriteria Ketuntasan Minimal , adalah batas nilai minimal setiap mata pelajaran yang telah ditentukan oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan dan disetujui bersama oleh semua stake holder yang ada di sekolah, dan kemudian disosialisasikan ke orangtua murid.  KKM ditetapkan pada awal tahun pelajaran.  Di Indonesia diharapkan nilai KKM di masa-masa mendatang tidak kurang dari 75.


Sebagai sekolah baru, Al Azhar 26 yang baru dibuka tahun ini dan menerima siswa angkatan pertama menetapkan KKM berkisar antara 60-65 untuk 16 mata pelajaran di kelas 1, ke depan KKM akan meningkat mengikuti kemampuan siswa disekolah tersebut.


Sementara sekolah adeq di SD Model Sleman, sebagai sekolah yang telah berdiri tahun ke-4 menetapkan KKM 70-76 untuk 14 mata pelajaran terdiri dari 8 mata pelajaran muatan nasional, 2 lokal dan 4 bertaraf internasional.


Alhamdullilah nilai adeq bagus, ada 3 mata pelajaran yang dibawah KKM tapi tetap diatas 65.


Kakak dan adeq, terus rajin belajar ya… kalian berdua pasti bisa lebih meningkatkan prestasi dari yang diterima tengah semester ini.


Mom akan selalu membantu dengan doa.