Monday, October 24, 2011

Sky Park di kejauhan


Kunjungan super singkat ku ke Singapore hanya menyisakan beberapa jepretan hitungan jari saking padatnya jadwal yang menunggu, salah satu jepretan adl hotel yang terdiri dari tiga menara dan diatasnya disambungkan oleh teras seluas satu hektar yang disebut Sky Park.
Wooww… keren banget ya bentuk bangunannya. Dari jauh aja diliat dah bagus begitu, apalagi masuk dan hang out disana.


Ceritanya nich...:-) Lokasi hotel megah dan fasilitas lain yang sangat lengkap ini berada di area Marina Bay. Marina Bay Sands bergabung bersama ikon-ikon Singapura yang sudah lebih dahulu berdiri seperti Patung Merlion, Esplanade dan Singapore Flyer. Lokasi dimana mom tengah berdiri sekarang, memandang keindahan kota yang bersih dan rapi.  Sangat kebetulan siang itu tidak banyak pengunjung yang ingin berfoto dipinggir dek jadi dengan leluasa beberapa foto bisa diambil tanpa ada ‘kebocoran’ disana sini.. hehehehe.
Hotel mewah sudah bisa dibayangkan gimana kelengkapan fasilitasnya khan, nah yang tetap membuat aku kagum adalah si Sky Park ituuh..



Menurut ceritanya lagi... :-) SkyPark Sands adl sebuah hasil karya yang luar biasa dan unik, dan menjadi salah satu bangunan dunia paling ikonis yang dirancang oleh arsitek visioner Moshe Safdie , membentang di atas tiga tower hotel Marina Bay Sands dengan tinggi 200 meter.Panjangnya sedikit lebih tinggi dari tingginya menara Eiffel atau sekitar empat setengah kali ukuran A380 Jumbo Jets, dengan luas 12.400 meter persegi, yang mengesankan, SkyPark Sands dapat menampung hingga 3.900 orang. Gravity-defying kantilever merupakan salah satu yang terbesar dari jenisnya di dunia. Dari sebuah dek khusus, ratusan pengunjung pada suatu waktu bersamaan dapat memanjakan mata mereka dengan sebuah panorama yang tak terlupakan.

Bagaikan sorga di atas langit, Sands SkyPark dilengkapi dengan taman-taman indah yang merupakan rumah bagi 250 jenis pohon dan 650 jenis tanaman. Sebuah link warna-warni kolam renang membentang di antara ketiga menara hotel, dengan tepi tak terbatas yang menghadap ke pusat kota.

Sands SkyPark menjadi tempat kolam renang melayang terpanjang di dunia dengan panjang 150 meter, batas kolam dirancang seakan tak terlihat (infinity edge), setinggi 191 meter di atas tanah. Kolam dibuat dari 191 ton baja dan dapat menampung 1.424 m³ air. Di SkyPark juga terdapat restoran, klub malam, taman dengan ratusan pohon dan tanaman, serta lantai pengamatan 360 derajat yang bisa untuk melihat Singapura, Malaysia (Johor) dan Indonesia (Batam).

Terdapat empat sambungan bergerak dibawah kolam utama, dirancang untuk bisa menahan gerakan alami dari menara-menara pendukungnya, setiap sambungan mempunyai arah gerakan yang unik dan bisa bergerak sampai 500 milimeter. Selain gerakan karena angin, menara hotel juga bergerak karena pergerakan tanah dari waktu ke waktu, maka para perancang struktur memasang lebih dari 500 dongkrak agar bisa dilakukan pengaturan kembali di masa mendatang agar kolam bisa tetap berfungsi.

Selain kolam renang, ada restoran The Sky atau klub malam tetapi bisa juga jadi tempat nongkrong seru di siang hari: Ku De Ta. Jika hanya ingin melihat-lihat, kita bisa langsung terus ke bagian lapangan luar yang ditopang oleh menara tiga. Jika berdiri di ujung, serasa seperti Kate Winslet dan Leo DiCaprio di salah satu adegan “Titanic”.


Wuuiihhh seru yaa…. Sayang  hanya bisa memandang dari kejauhan.
Next time… Insya Allah bisa ngajak anak-anak keliling Singapore utk berpiknik ria.

-          End -