Wednesday, June 18, 2008

Bunga bermekaran karena musik

Salah satu kegiatan bermusik yang paling mudah dan mungkin pertama kali dilakukan si kecil adalah bernyanyi.

Sejalan dengan perkembangannya, industri musik membuat musical play (kegiatan bermain yang melibatkan musik) dan bernyanyi.

Bermainlah dengan musik.

Bila anak sudah agak besar dan memang menunjukkan minat atau bakat, barulah kita ajak mendalami bakat bermusiknya seperti misalnya les piano, les biola, atau alat musik lainnya. Nikmati keindahan musik. Hidup makin berwarna dan terasa lebih dinamis dengan musik.

Bahkan Laporan dari Harian Denver di Colorado tentang penelitian reaksi tumbuh-tumbuhan terhadap musik, yang mengatakan bahwa warna suara secara obyektif akan langsung mempengaruhi sel-sel dan pertumbuhan dari tumbuhan itu sendiri.

Sebuah penilaian yang dilakukan Dorothy dengan tumbuh-tumbuhan sejenis yang di tanam dalam 5 kotak yang tertutup rapat diberi pupuk, SM, dan kelembaban suhu yang sama. Hal itu dilakukan dalam suatu pengawasan yang cukup teliti. Tiap-tiap hari pada waktu tertentu 5 kotak tersebut diperdengarkan musik yang berbeda. Setelah 4 minggu kemudian, didapatkan hasil sebagai berikut :

  • Tumbuhan yang diperdengarkan musik dari siaran radio KIMN (musik rock), dalam minggu ke-2 arah tumbuhnya menjauhi speaker dan tidak beraturan bahkan tidak berbunga. Setelah 1 bulan, tumbuhan itu kering dan mati.
  • Tumbuhan yang diperdengarkan musik klasik, menumbuhkan akar dan batang yang panjang.
  • Tumbuhan yang diperdengarkan musik Avant Garde Artonal Music, tumbuhnya menjauhi speaker dan akarnya tumbuh lebih pendek dari tumbuhan ke-2.
  • Tumbuhan yang diperdengarkan semi klasik dari siaran KLIR, bertumbuh mendekati speaker bahkan menghasilkan 6 kuntum bunga yang indah.
  • Tumbuhan yang diperdengarkan musik ibadah bercorak klasik dan tenang, tumbuhnya lebih tinggi 2 inci dibanding dengan tumbuhan ke-2 dan paling mendekati speaker.

Wow… amazing …

Wah ternyata ada garis logikanya ya.. ketika malam hari papi terlihat sering bernyanyi dan ngajak omong koleksi tanaman aglonemanya..

Terapi ke tanaman yang dilakukan papi membuahkan aglonema yang rimbun dan sehat lho… :-D

Om Iwan, teman papi juga melakukan hal yang sama, bahkan kalau akan menyilangkan /mengawinkan tanaman, ada upacara yang dilakukan terlebih dulu seperti akad ijab kabul…!!!

Weleh… weleh om…ijab kabulnya masal apa satu per satu …??? :-D