Monday, June 9, 2008

Kipas Angin untuk Bumi



“ mom, minta tanamannya dong… besok pagi suruh bawa tanaman ke sekolah, untuk mengurangi efek global warming…” ucap Gallo serius.
“ tau gak mom, sekarang ini udara panassss banget khan, lebih panas dari sebelumnya, itu akibat global warming. Aku bilang ke guru ku, miss pasang aja kipas angin disamping bumi..”
Ha…ha..ha .. aku tertawa terpingkal. Ide bagus juga, pasang kipas angin… hmmmm bikin bumi jadi sejuuukkkk..”
" nich liat nich, gambar bumi Gallo.."
Aku tersenyum geli.
“ nggak pasang AC sekalian Lo..” celetuk papi sambil mengamati gambar Gallo.
“ gak boleh pi, freon AC juga membikin bumi makin panas. Freon merusak lapisan ozon jadi bumi makin tersiksa karena kepanasan..”
A ha…..

Pemanasan global adalah terjadinya peningkatan suhu akibat efek rumah kaca. Salah satu penyebab efek rumah kaca adalah pemakaian energi fosil yang berlebihan. Akibatnya gas CO2 yang terbentuk dipantulkan kembali ke bumi oleh atmosfer. Hal itu menyebabkan suhu di bumi meningkat, melelehkan gunung es, dan terjadinya gelombang air pasang yang menenggelamkan pulau serta menimbulkan banjir.

Menurut Ir. Wahyu Indraningsih, penyebab pemanasan global adalah pola konsumsi dan pola produksi. Industri menjadi penyebab pemanasan global karena dalam industri menghasilkan CO2, methan, dan N2O.

Sementara itu banyaknya penebangan pohon yang terjadi juga menyebabkan konsentrasi CO2 di atmosfer meningkat. "Untuk itu penanaman pohon menjadi hal yang perlu digalakkan. Karena pohon mampu menyerap kadar CO2 dalam atmosfer," terangnya.

“ bawa pohon nangka depan rumah itu Lo.. yang gede.. masak bawa pohon kecil gitu..” celetuk papi ketika melihat Gallo membawa satu pot tanaman aglonema.

“ huh… papi tuch asal dech…” jawab Gallo dengan bibir manyun.