Tuesday, June 3, 2008

Menghafal 26 Huruf



“C.. N…P…” Suara teriakan-teriakan kecil Nadjwa sering sekali terdengar beberapa hari ini. Ternyata Nadjwa (5th) lagi seneng belajar mengenal dan menghafal huruf.
26 huruf dalam deretan alfabet sudah dihafalkannya dan sudah pula bisa dituliskannya. Walau masih ada beberapa huruf seperti huruf B dan angka 5, yang sering terbalik menuliskannya
Untuk angka, Nadjwa sudah lebih dulu hafal, bahkan sudah belajar penjumlahan baik ditulis ataupun mencongak hingga penjumlahan 10. Dan sekarang Nadjwa tengah giat sekali belajar membaca dan menulis huruf.
Ketertarikan Nadjwa untuk belajar membaca, menulis dan berhitung tidak pernah kami paksakan, kami hanya memberikan stimulan dengan menempelkan huruf dan angka di kamar belajar atau membawakan kartu huruf bergambar. Lambat laun karena sering melihat, Nadjwa tertarik dan mulai menghafal. Saat belum sekolah TK Nadjwa sudah bisa menulis namanya sendiri, nama papi, nama mommy dan kakak Gallo dengan cara menghafal hurufnya.
“ pi, tulis namamu disini pi…” perintahnya dengan sebuah buku tulis ditangan.
Papi kemudian menuliskan namanya dan Nadjwa akan berusaha menyalin huruf-huruf tersebut kemudian dihafalkannya. Begitu juga dengan namanya sendiri, mommy dan Gallo.
Sekarang Nadjwa sudah bisa menulis semua huruf.
Aku disuruhnya mengucapkan sebuah huruf kemudian dia akan menuliskan ke dalam buku tulisnya.
Senengnya melihat Nadjwa gemar berlatih menulis… semakin giat ya sayang.. giat belajar dan berlatih akan membuat adik makin pintar..