Sunday, May 18, 2008

Flea Market


Dalam rangka memperingati ulang tahun sekolah Gallo salah satu agenda tetap tahunan Perguruan Budi Mulia adalah mengadakan acara flea market. Tahun pertama Gallo masuk sekolah mommy bingung ketika ditanya " ikut buka stand flea market nggak?" Kok namanya aneh flea market artinya apaan tuch ? lalat apa kutu ? he..he..he..
Kali saja untuk menggambarkan sebuah bazar penjualan barang bekas punya murid-murid sekolah budi mulia yang ramai dikunjungi pembeli disebutnya pasar kerumunan lalat.

Tahun ini adalah tahun ke-4 Gallo aktif berjualan barang bekas. Setiap anak diharapkan berpartisipasi dalam rangka pengumpulan barang bekas milik sendiri dan menjualnya di arena bazar. Setiap kelompok biasanya terdiri dari 8-10 anak, tiap kelas diperbolehkan membuka lebih dari satu stand.

Sejak 2 hari sebelumnya Gallo sibuk mencari baju-baju yang sudah tidak dipakainya lagi, beberapa sepatu milik Nadjwa dan mainan mereka berdua. Barang-barang tersebut dibungkus rapi dengan kantong plastik dan diberi label harga. Semuanya murah meriahhhh....
Sepasang sepatu milik Nadjwa saat berumur 3 th berwarna pink yang masih bagus dihargai Rp. 2.000, sepotong baju harganya cuma Rp. 1.500, dan ada boneka panda berwarna hitam putih berharga Rp. 1.000. Untuk kualitas... wow.. jangan ditanya, semua barang masih sangat layak dipakai. Bahkan sepatu-sepatu yang dijual Gallo semuanya mulus dan kinclong karena sudah dicuci bersih oleh mbak Siti.





Flea market adalah sebuah proses pembelajaran langsung yang cukup efektif untuk anak-anak. Mereka diajari untuk mengenal mata uang, nilai uang, bagaimana menawarkan produk, bernegosiasi dengan pembeli dan menghasilkan uang dari barang dagangan yang dijualnya.

Mommy harus mengantar Gallo sebelum jam 7 pagi , seperti pengalaman tahun lalu, bakalan susah nyari tempat parkir karena sepanjang jalan penuh dengan mobil yang sudah parkir duluan dan lalu lalang pengunjung bazar yang jumlahnya bisa ribuan orang.

Wow.. ternyata antusias masyarakat sekitar sekolah untuk datang dan membeli barang tidak pernah surut dari tahun ke tahun.
Acaranya meriah banget, bahkan tahun ini ada panggung hiburannya juga. Parade band dalam rangka launching BMD Music Management. Selain orchestra wadah kreasi bermusik anak-anak budi mulia adalah bermain band.

Hampir 2 jam lebih Gallo dan teman-temannya rela disengat matahari pagi untuk melayani pembeli yang datang silih berganti. Tak sia-sia kerja keras mereka, seluruh dagangan ludes terjual...! betapa senang melihat mereka dengan lihainya beraksi menawarkan dan tawar-menawar dengan pembeli.

 

" Mommy... semua sudah habis terjual.." lapor Gallo senang.
" ayo ibu-ibu... bapak-bapak.. beli baju untuk anaknya.. murah. murah... obral..obral harganya cuma seribu.." Gallo mengulang aksinya berjualan.
" nich lihat, aku berhasil membawa uang Rp. 50.000 untuk mommy.." dengan bangga diserahkannya segepok uang ribuan dan lima ribuan ketanganku.
" Wah.. luar biasa.." puji mommy terharu.
" Nah ini keuntungannya di bagi 2 masing-masih Rp. 25.000 ya.."
" asyik... boleh aku belikan majalah dan mainan mom.." mata Gallo berbinar ceria.
Aku mengangguk . " sisanya ditabung ya.." pesanku kemudian.

Hari itu sebuah pelajaran berharga diperoleh Gallo. Semoga bermanfaat ya kak...