Thursday, May 8, 2008

Sakit Gallo Bikin Sedih.

Minggu siang 19/3, Saya benar-benar mulai khawatir ketika pulang dari kantor mendapati suhu badan Galo mulai meninggi, 41°C. Bicaranya ngelantur .. menjerit-jerit ketakutan.

“ mama.. itu ada simbah-simbah (nenek-nenek) jongkok di depan kamar mandi.. suruh pergi mah..”

Ha… saya mulai ngeri.. didepan kamar mandi tidak ada siapapun. Hiiii

“ mama.. ada binatang datang banyak sekali kecil-kecil.. warnanya coklat..”

Pembantuku sudah pucat “ muntah terus bu..”

Saya segera memerintahkan papanya anak-anak mengantar ke dokter terdekat.. tapi kemana, ini hari minggu, dokter juga tidak ada yang buka praktek.

Ditengah hujan yang sangat deras, dua rumah dokter yang saya datangi semua pagar depannya tergembok rapat. Akhirnya saya datangi sebuah klinik bersalin.. berharap ada bidan/dokternya.

Galo sudah mulai mengigau lagi. Akhirnya seorang bidan/perawat/petugas medis segera memeriksa.

“ wah panas sekali suhu tubuhnya.., ada infeksi Bu… Gejalanya seperti sakit Typus atau Demam berdarah, tapi lebih mengarah ke Typus . Nanti kalau demamnya tidak turun hari kelima harus cek darah ” jelas perawat tersebut ketika saya bertanya. Segepok obat saya bawa pulang. Saya berpikir positif, siapapun orang yang mengobati anak saya, saya ikhlas pasti sembuh..

Yang penting memang ikhlas.. apapun yang terjadi dalam hidup kita, keikhlasan.

Berat memang menjalani, bagaimanapun saya harus ikhlas tadi ke kantor dulu karena ada tugas yang tidak dapat saya tinggalkan walau anak dirumah mengerang kesakitan. Bagimanapun saya harus ikhlas juga, tidak mendapat dokter tapi perawat bersalin.

Bismillah.. obat saya minumkan, Insya Allah sembuh.

Sampai dengan sore hari, Galo masih terus mengigau, matanya terpejam. Berangsur mulai bisa tidur. Dan setelah dua kali minum obat, panas badannya turun.

Alhamdullilah… walaupun aku harus menunggu 2 hari untuk memastikan Galo tidak terkena Typus melalui tes darah.

Kekhawatiran saya mulai datang lagi ketika deman Gallo naik turun, ketika akhirnya saya membawa Gallo ke dokter spesialis anak, dr Yulia segera membuat surat pengantar untuk tes darah.

Sore, hari keempat aku makin curiga kalau Gallo tidak kena Typus tapi demam berdarah. Bintik-bintik merah mulai timbul di lengan tangan. Ya ampun … dimana anak saya digigit nyamuk berbahaya ini. Padahal belum satu minggu fogging sudah dilakukan di rumah kami. Dokter Yulia mengatakan kalau ada kemungkinan Gallo digigit nyamuk di sekolah.

Hari kamis pagi, dengan bekal surat pengantar dokter aku segera meluncur membawa Gallo ke Laboratorium untuk Test Widal dan hitung faal hemostasis. Menunggu 2 jam hasil test keluar rasanya 100 tahun, dan benar dugaan kami, Gallo tidak sakit Typus tapi DHF dan harus opname hari itu juga untuk transfusi cairan karena jumlah trombosit tinggal 40rb dan mengalami gastritis akut.

Tiga hari menunggui di RS saya dan Suami tak putus doa kami panjatkan memohon kesembuhan kepadaNya. Entah feeling sebagai seorang sahabat, malam itu Sahabat saya Bung Fendi Salim di Jakarta SMS saya, tak biasanya karena selama ini kami komunikasi lewat e-mail, awalnya saya tidak ingin berterus terang tapi ternyata saya membutuhkan bantuan sahabat-sahabat saya , bantuan moril, doa agar saya kuat dan tabah menjalani cobaan ini.

Tiap 8 jam lengan anak saya ditusuki jarum untuk diambil darah dan dimonitor jumlah trombositnya, Saya hanya bisa menangis ketika anak saya kesakitan, darah anak saya terlalu pekat dan agak kesulitan diambil sehingga tiap ‘ritual’ itu terjadi jerit kesakitannya terdengar diseluruh lorong bangsal IV Happyland Medical Center.

“… mamah.. sakit… sudah mamah… pulang mah…” air mata saya tak henti menetes. Papanya malah tersenyum.. “.. anak sama emak sama-sama jago mewek..”

Akhirnya berturut-turut saya mengabari beberapa sahabat saya yang lain Mas Tonny, Mas Alan, Bang Zai, untuk memohon bantuan doa dari beliau-beliau.

Ternyata Mas Tonny mengabarkan permohonan doa saya ini ke milis Adeniumania & Aglonema juga.

Terima kasih banyak sahabat-sahabat saya, sungguh besar dukungan yang telah diberikan. SMS , telepon dan e-mail dari rekan yang saya terima setiap hari telah menjadikan kekuatan bagi saya. Terima kasih Bunda Nismah, kesabaran kita sebagai seorang ibu teruji ketika musibah datang. Pak Judi, Mas Tomo, atas sms dan telpon yang tak henti untuk menanyakan perkembangan kesehatan Gallo, dan semua sahabat-sahabat yang tak tersebut satu per satu.

Berangsur-angsur trombosit Gallo naik, berkat infus dan saran dari sahabat-sahabat saya , untuk banyak minum seduhan angkak, jus jambu biji merah, klorofil, pocari sweat, spirulina, dll.

Terima kasih Ya Allah … anak saya sudah sembuh dan sudah pulang ke rumah. Terima kasih sahabat-sahabat saya atas doa dan dukungannya.

Sekarang Gallo sudah bisa tersenyum dan berangsur ceria, kemarin saya sudah mendengar bayi montok saya itu menyanyi lagunya peterpan…. “ … yang kunanti…. sampai nanti…..”


THANK YOU

Dear friends…
Terima kasih atas support dan doa yang telah diberikan untuk kami semoga Allah membalas semua amal kebaikan rekan-rekan semua, amien. Salam Hormat saya : Tharie & Keluarga

Milis Adeniumania, wrote :
Rekan rekan , Putri salah satu rekan , sahabat , saudari kita Thari saat ini sedang dirawat karena demam berdarah.

Saya mohon keikhlasan rekan rekan semua untuk dapat membantu mengirimkan doa demi kesembuhan putri beliau. Sebelum dan sesudahnya saya mengucapkan banyak terima kasih. Regards , Tonny.

Turut prihatin mas Tony, semoga lekas sembuh buat putrinya mbak Thari. Salam/anung.

Buat Mbak Thari, turut prihatin mbak.. semoga putri Mbak cepat sembuh... amin.. Erlangga
Buat mbak Thari, semoga putrinya cepat sembuh.
BTW banyak orang yg kadar trombositnya naik lagi setelah minum angkak. Ada presentasi dari BASF (produsen Abate) yg merekomendasikan penggunaan angkak tsb.
Jus jambu klutuk (merah)juga baik. Kontraindikasinya: Jangan diberikan kalau penderita memiliki masalah dgn lambung.
Malam ini kira-kira jam 19.00 saya ada acara doa di gereja, sekalian akan saya doakan buat kesembuhan putri mbak Thari. Semoga Tuhan memberikan kekuatan utk keluarga mbak, terutama buat si kecil yg sedang sakit. brgds, Rudi L. Chandra

Saya, Yudha..turut merasa prihatin atas sakitnya putri dari Mbak Thari..teriring doa semoga cepat sembuh dan sehat kembali... Amien. Yudha marciano

Bu thari, semoga Allah memberikan kesembuhan dan kesehatan buat si putri. Amiin. Aries pratama

Bu Thari, Semoga putri yang tercinta dapat segera sembuh sehingga seisi rumah kembali ceria seperti sediakala salam, Tatok Herdijanto

Semoga Allah mengangkat penyakit Thari dengan cepat dan diberikan kesembuhan serta kesehatan lahir dan batin dengan sempurna. Amien Rgds, Rahmat TS

Buat mba' Thari. Saya Nilda, turut prihatin dengan sakitnya putri mba'.Saya mendoakan semoga cepat sembuh, dan mba' bersabar menghadapinya. Salam Nilda

Buat mbak Thari Dengan hati yang tulus saya panjatkan do'a pada Allah SWT semoga putri tersayang dapat segera sembuh dan berkumpul kembali ditengah keluarga. Amin. Sukmadewi.

Mbak Thari, Saya turut berdoa semoga putrinya cepet sembuh. Oh ya, ada saran nih dari temen2 yg pernah menderita DBD, katanya supaya banyak2 minum jus jambu biji merah, atau minum minuman ber-elektrolit spt Pocari Sweat (sorry, terpaksa nyebut merek), air kelapa muda yg hijau, atau obat "Cap Bunga SIANTAN" untuk meningkatkan jumlah trombosit.
Untuk obat yg terakhir ini, konon katanya dapat meningkatkan HB (Haemoglobin), Eritrosit dan TROMBOSIT dengan sangat cepat. Mudah2an berguna. Salam, Farika

Semoga putri mBak Thari mendapatkan pengobatan yang terbaik dan lekas sembuh. Salam//anung

Semoga anaknya cepat sembuh ya Mbak.. Argyawan

Dear Mhak Thari, Turut prihatin, semoga putri Mhak Thari cepat sembuh. Miranda

Milis AGLAONEMA wrote :

Barusan bunda abaca di milis Adenium mengabarkan bahwa putri semata wayang bu Thari yang ada di foto milis kita kena demam berdarah. Marilah kita doakan supaya segera sembuh jadi bu Thari aktif lagi membagi ilmunya dengan kita. Salam Aglao Hayatun Nismah Rumzy

Saya mendoakan agar Putri Bu.Thari Lekas sembuh...Amin.. B.Rgds Nanang Sutiardi

Minggu kemarin, waktu mBak Thari habis pulang dari dokter saya sms beliau, katanya puterinya demam tinggi dan sudah baikan, dan baru sekarang saya tahu kalau kena demam berdarah. Semoga puteri mbak Thari segera sembuh. wassalam, Sulastomo Raharjo.

Saya turut mendoakan kesembuhan putri dari Ibu Thari. Anak saya juga masih kecil, jadi bisa merasakan kesedihan saat anak kita tidak lagi selincah biasanya. Semoga cepat sembuh putinya ya Bu ?....amien. Oy & Keluarga

Saya turut berduka dan dapat merasakan kesedihan atas musibah yg dialami bu Thari,seraya mendoakan atas kesembuhan putri tercintanya serta mensupport supaya sabar,tenang dan tidak nervous. Nabigha salsabila

Thanks infonya Bunda, kami turut mendoakan,.. semoga Gallo, putri bu Thari cepat diberi kesembuhan dan segera ceria seperti sediakala, amin..SA, Judi Ginta

4JJI humma isyfiihaa wa anta Syafii, Laa Syifaa a Illa Syifaa-uKA, Syifaa laa yuqoodiru Saqoma. Semoga Allah SWT sembuhakn penyakitnya dengan kesembuhan yang sebaik2nya. Amin Faries Fadhil
Saya turut mendo'kan putri bu thari diberi kesembuhan dan bu thari sekeluarga diberi Rahmat dan hidayah-Nya, amin thank's bunda atas infonya. Salam Permono Avianto'-dumai

Kami sekeluarga turut berdoa untuk kesembuhan putri Mbak Thari.. Wassalam, Faza dan keluarga

Saya ikut berdo’a semoga putri mbak Thari cepat mendapat kesembuhan. Untuk menaikkan trombosit ada praktikum akupuntur yang bilang untuk minum air rebusan kulit kacang tanah. Untuk perebusannya yang direbus hanya kulit dari ari kacang tanah yang masih mentah (bukan kulit luar lho) sampai air tesebut berwarna merah . Bapak tesebut bilang dapat menaikkan trombosit 2X lipat dari jambu klutuk merah. Wasalam, Fauzi Azran

Saya turut mendoakan agar putri mbak Thari cepet cembuh yach :) Regards Hermawan andrianto - pamulang

Saya ikut prihatin dengan putri mbak Thari. Tapi saya punya pengalaman dari Boss saya,Coba disarankan agar banyak mengkomsumsi Pocari swet(Bener nda tulisannya) yang kaleng itu atau gatorade yang warnanya merah karena dia dapat dari dokter yang merawatnya,Moga pengetahuan ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Radenta Milala

Turut prihatin atas sakitnya putri dari Ibu Thari, semoga segera diberi kesembuhan oleh Tuhan dan kembali riang spt sediakala. Kata teman saya kalau bisa di kasih buah angkak utk menaikkan trombosit/jus jambu jg bisa. Utk sakit tipes ada resep yg telah terbukti oleh teman saya, yaitu kepiting jantan direbus hidup-2 (sadis ya…) dan airnya dikasihkan ke pasien dijamin cepat sembuh krn katanya kepiting jantan kalau hampir mati mengeluarkan zat tertentu yg dpt membunuh bakteri tipes. Salam, Saptono

Bu THari, Semoga anaknya cepat sembuh, hanya doa yang bisa aku panjatkan. -Victor L. Tobing-